1. Alpukat

Alpukat merupakan sumber makanan lezat dari hampir 20 vitamin dan mineral, seperti kalium, tembaga, dan vitamin B, C, E, dan K. Keanekaragaman zat tersebutlah nantinya akan membantu kebugaran tubuh kita. Jika makan alpukat secara teratur, moms dipastikan mendapat cukup lemah tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung dan mempertahankan darah secara optimal.

1. Alpukat

2. Kacang-kacangan

Resiko diabetes dan kolesterol meningkat tinggi akan terjadi ketika kita menginjak usia 50 tahun ke atas. Menambahkan kacang-kacangan ke dalam diet harian akan menjadi keputusan baik demi menghidari kedua penyakit tersebut. Hanya 3/4 cangkir kacang-kacangan setiap hari ternyata bisa mengurangi kolesterol jahat hingga 5 persen. Kacang-kacangan juga dapat meningkatkan kadar gula darah pada orang yang terlanjur terkena diabetes.

baca juga

3. Oats

Resiko penyakit jantung akan menungkat secara pesat ketika pria mencapai usia 45 tahun dan wanita usia 55 tahun. Karena inilah moms disarankan agar memasukan menu penurun kolesterol, seperti oats.

Oatas sangat bagus untuk mengganti karbohidrat karena jenis serat larut yang disebut beta glukan. Serat larut meningkat dengan kolesteril selama pencernaan dan memungkinkan untuk keluar dari tubuh, tidak tertinggal di arteri.

3. Oats

4. Apel

Apel dapat menunrunkan resiko diabetes dengan mengatur kadar gula darah. Ia mengandung rata-rata 5 gram serat, yang dapat menurunkan kolesterol, dan juga mengandung zat yang disebut quercetin (zat penurun tekanan darah). Si bulat ini pun merupakan sumber vitamin C, potasium, dan antioksidan.

Eits, moms juga harus tetap berhati-hati untuk membeli apel. Pasalnya ia tercantum dalam daftar Dirty Dozen untuk residu pestisida, jadi carilah yang organik ya.

4. Apel
baca juga

5. Wortel

Tak hanya bermanfaat bagi mata, wortel juga bagus untuk anggota tubuh lain seperti mulut, kulit, dan jantung. Wortel mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, menigkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan pencernaan, dan menurunkan risiko kanker dan penyakit kardiovaskular.

Alasan mengapa manfaat wortel sangat baik ialah berbagai nutrusi yang hadir di dalamnya. Seperti Serat, vitamin A, B8, C, E, dan K, mineral seperti zat besi, kalium, tembaga, dan mangan, serta beberapa jenis antioksidan termasuk beta karotin.

6. Sayuran Hijau

Penelitian terbaru menemukan jika orang yang banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, atau kubis memiliki kemampuan kognitif lebih baik dibandingkan yang jarang memakannya.

7. Yogurt

Masa tubuh tanpa lemak cenderung menurun dari tahun ke tahun, dan penelitian menujukan jika penyebaran asupan protein harian sepanjang hari bisa memperlambat proses ini. Nah, yogurt bisa menjadi solusinya karena otot akan mendapat protein yang cukup.

Yogurt juga mengandung banyak kalsium, penting untuk menjaga kepadatan tulang, Wanita di atas 50 tahun dan pria di atas 7- perlu memperhatikan hal tersebut. Selain itu yogurt pun akan memelihara kesehatan pencernaan kita.

7. Yogurt

8. Buah Bit

Mengkonsumsi buah bit secara teratur akan memberikan moms banyak vitamin A dan C, serta asam folat, serat, juga mineral seperti kalsium, kalium, mengan, dan zat besi. Ia juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker. Ada juga yang mempercayai jika buah bit bisa meningkatkan kinerja olahraga, mencegah dimensia, dan menurunkan darah.

9. Buah Berry

Strawberi dipercaya bagus bagi otak. Variasi buah ini tinggi dalam phytochemical tertentu yang dianggap meningkatkan aliran darah ke otak sambil mengurangi peradangan pada saat yang sama.

Hasilnya adalah penurunan memori yang berkaitan dengan usia dan menurunkan resiko terkena Alzheimer. Secara umum buah beri memiliki serat tinggi, berbagai vitamin, dan mineral. 

9. Buah Berry

10. Cokelat Hitam

Dalam kisaran 30-60 garam perhari cooklat hitam dapat menurunkan kolesteril dan tekanan darah, meningkatkan ketajaman otak, dan melindungi kulit dari jahatnya sinar UV. Yang lebih baik, kandungan 70 persen kakao dengan sedikit gula akan membantu memelihara kesehatan kita.

Dalam coklat hitam, moms akan mendapat dosis kalium, fosfor, seng, besi, magnesium, tembaga, mangan, dan selenium harian. Rasanya yang enak membantu moms melepaskan endorfin sehingga suasana hati lebih bahagia.

11. Ikan Salmon

Dengan menambahkan asupan asam lemak omega-3 dari salmon, kondisi tubuh di usia 50 tahun akan semakin kebal terhadap penyakit. Selain itu, asam lemak omega-3 juga ampuh melawan penurunan kognitif otak dan penyakit Alzheimer. Semakin moms mengkonsumsinya dengan segar, semakin banyak juga nutrisi yang didapat.