Selama ini moms pasti sudah sering dengar manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit dan juga rambut. Beberapa saat lalu bahkan sempat booming gel lidah buaya yang multifungsi untuk kecantikan hingga berbagai brand berlomba-lomba untuk menciptakan produk serupa. Tapi ternyata lidah buaya tak hanya bermanfaat untuk kecantikan loh moms, tanaman ini juga bisa dijadikan olehan yang lezat dan nikmat. 

Tips dan Cara Mengolah Lidah Buaya Untuk Dikonsumsi, Segar dan Menyehatkan!

Tips Memilih Lidah Buaya untuk Diolah

Sebelum mengolah lidah buaya moms harus memastikan bahwa lidah buaya yang akan diolah adalah lidah buaya dengan kualitas baik. Lidah buaya yang layak konsumsi memiliki panjang minimal 50 cm dengan berat sekitar 8 ons per batang. Pastikan juga untuk memilih lidah buaya yang memiliki tingkat kematangan cukup, cirinya yaitu berwarna hijau tua dengan aroma khas yang tidak terlalu menyengat. 

Tips Memilih Lidah Buaya untuk Diolah
baca juga

Cara Mengolah Lidah Buaya

Setelah mendapatkan lidah buaya dengan kualitas baik dan layak konsumsi, moms harus tahu cara tepat mengolahnya. Sebelum mengolah lidah buaya, moms wajib mencucinya dengan benar. Pertama cuci bagian luar lidah buaya, kemudian kupas kulit luarnya dan cuci daging lidah buaya yang berwarna transparan hingga lendirnya benar-benar hilang.

Cara Mengolah Lidah Buaya

Rendam dalam Larutan Air Kapur Sirih dan Garam

Cara pertama yang bisa dilakukan agar lidah buaya enak dikonsumsi adalah dengan merendam daging lidah buaya ke dalam air larutan kapur sirih dan garam. Perendaman dilakukan selama satu jam atau hingga daging lidah buaya benar-benar bebas lendir. Jangan lupa untuk sekali lagi mencuci daging lidah buaya setelah direndam agar bebas dari kapur sirih.

Rendam dalam Larutan Air Kapur Sirih dan Garam
baca juga

Rendam dalam Air Tawas

Selain larutan kapur sirih dan garam, moms juga bisa merendam daging lidah buaya dengan air tawas. Prosesnya sama seperti jika merendam lidah buaya dalam air kapur sirih dan garam, lama perendaman juga satu jam. Bedanya setelah perendaman selesai, daging lidah buaya harus dicuci dengan air matang. Perendaman dengan air tawas akan membuat daging lidah buaya terasa garing di luar tapi tetap lembut di dalam.

Rendam dalam Air Tawas

Rendam dengan Air Rebusan Daun Pandan

Jika moms ingin menghilangkan aroma lidah buaya yang kurang sedap, sebaiknya memakai cara ini dalam pengolahan lidah buaya. Caranya yaitu rebus air dan daun pandan hingga aromanya keluar. Setelah air rebusan pandan dingin, rendam daging lidah buaya yang telah bersih dan bebas dari lendir selama kurang lebih satu jam. Daging lidah buaya yang telah aman dikonsumsi bisa tetap awet jika disimpan dalam wadah tertutup dan dimasukkan dalam kulkas.

Rendam dengan Air Rebusan Daun Pandan