Me Time

Ini 5 Masalah yang Paling Sering Jadi Penyebab Pertengkaran Suami Istri
source: https://vivaglammagazine.com/

Setelah menikah, hampir setiap waktu akan dihabiskan bersama dengan pasangan. Mulai dari tidur, makan, menonton, hingga aktivitas malam juga dilakukan bersama. Ini memang menyenangkan, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang membutuhkan waktu untuk dihabiskan sendiri (me time). Sayangnya, kebutuhan ini kerap diacuhkan sehingga tiap pasangan cenderung untuk lebih menuntut dan cepat merasa bosan. Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan hobi atau aktivitas favoritmu dalam jangka waktu tertentu. Begitu juga dengan pasangan dengan hobi dan minatnya.


Keuangan

Ini 5 Masalah yang Paling Sering Jadi Penyebab Pertengkaran Suami Istri
source: https://www.lifelovelemons.com/

Selanjutnya, uang memang dikenal tidak mengenal saudara, apalagi pasangan yang baru menikah. Pastikan Mommy dan pasangan membuat kesepakatan awal tentang keuangan rumah tangga secara terbuka. Hal ini sangat penting untuk mencegah kesalahpahaman dan masalah keuangan yang serius kedepannya. Pasalnya, sebagian besar perceraian terjadi akibat dari masalah keuangan atau ekonomi.

baca juga


Pembagian Pekerjaan Rumah

Ini 5 Masalah yang Paling Sering Jadi Penyebab Pertengkaran Suami Istri
source: https://parenting.firstcry.com/

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar masyarakat Indonesia masih menganut tradisi konvensional rumah tangga di mana suami bertugas pencari nafkah dan istri bertanggung jawab pada rumah dan anak-anak. Sebagian pasangan mungkin berhasil dengan sistem ini. Tetapi ada pula yang memiliki karakteristik berbeda di mana istri juga ingin memiliki aktivitas di luar rumah sehingga menuntut suami untuk ikut berkontribusi dalam pekerjaan rumah. Sama seperti masalah keuangan, masalah ini harus dibahas di awal pernikahan untuk mencapai kesepakatan yang adil sejak dini.


Keintiman Fisik

Ini 5 Masalah yang Paling Sering Jadi Penyebab Pertengkaran Suami Istri
source: https://www.crosswalk.com/

Tidak bisa dipungkiri, seks merupakan bagian dari kebutuhan pasangan yang berperan dalam mengharmoniskan hubungan. Sebagian pasangan yang sudah menikah lebih dari 3 atau 5 tahun cenderung lebih jarang melakukan hubungan seks. Hal ini tentu sangat disayangkan. Pasalnya kontak fisik juga penting dalam menjaga hubungan cinta dan kasih sayang tetap terjaga. Jadi, pastikan untuk selalu konsisten dalam menjaga aktivitas kamarmu agar tetap baik.

baca juga


Keluarga Besar

Ini 5 Masalah yang Paling Sering Jadi Penyebab Pertengkaran Suami Istri
source: https://www.elitedaily.com/

Terakhir, mertua yang bawel dengan atau ipar yang banyak ikut campur kerap menjadi masalah pasangan suami istri untuk bisa dengan damai dan tenang membangun rumah tangga. Itu sebabnya, membicarakan masalah keluarga besar harus dilakukan sejak dini di mana suami dan istri sepakat untuk sama-sama menganggap orangtua masing-masing adalah orangtua bersama.

Saat masalah terjadi dari salah satu sisi, diharapkan kedua pasangan membicarakannya bersama sebagai upaya pencarian solusi. Jangan sampai Mommy kesal dengan mertua dan membicarakannya pada orangtuamu atau adik kakakmu. Begitu pula sebaliknya, karena hal tersebut berisiko memperparah masalah. Jadi, apapun yang dilakukan orangtua, segera bahas bersama pasangan untuk menjaga komunikasi tetap baik dan lancar.