1. Tingkatkan Paparan Cahaya Terang Di Siang Hari

Cegah Penyakit dengan 5 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari
source: https://www.brooklynbedding.com

Tubuh memiliki jam biologis alami yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Waktu biologis ini memengaruhi otak, tubuh, dan hormon yang membantu seseorag untuk tetap terjaga dan memberi tahu tubuh kapan waktunya untuk tidur. Paparan sinar matahari alami atau cahaya terang di siang hari membantu menjaga ritme sirkadian tetap berlangsung. Ini dapat meningkatkan energi siang hari, serta mengoptimalkan kualitas dan durasi tidur malam hari.


2. Kurangi Paparan Cahaya Biru di Malam Hari

Cegah Penyakit dengan 5 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari
source: https://9to5google.com/

Paparan cahaya pada siang hari bermanfaat, tetapi paparan cahaya di malam hari memiliki efek sebaliknya. Pasalnya, cahaya malam hari dapat memberikan dampak pada ritme sirkadian seseorang. Hal ini dapat menipu otak untuk berpikir itu masih siang hari. Alhasil, tubuh akan mengurangi hormon seperti melatonin, yang membantu tubuh untuk rileks dan tidur nyenyak. Cahaya biru ini dapat berasal dari perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer dalam jumlah besar.

baca juga


3. Jangan Mengonsumsi Kafein Di Sore Hingga Malam

Cegah Penyakit dengan 5 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari
source: http://www.huffingtonpost.com/

Kafein memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti dapat meningkatkan kinerja, fokus, energi, dan olahraga. Namun ketika dikonsumsi pada sore hari, kopi berisiko merangsang sistem saraf dan dapat menghalangi tubuh untuk bisa berelaksasi secara alami di malam hari. Bahkan dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kafein dalam waktu enam jam sebelum tidur dapat memperburuk kualitas tidur.


4. Tidur dan Bangun pada Waktu yang Konsisten

Cegah Penyakit dengan 5 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari
source: https://www.cbc.ca/

Ritme sirkadian tubuh seseorang bekerja dalam satu set loop, sejajar dengan matahari terbit dan terbenam. Itulah sebabnya konsisten dengan waktu tidur dan bangun dapat membantu kualitas tidur jangka panjang. Sebuah studi mencatat bahwa orang yang memiliki pola tidur tidak teratur dan terbiasa tidur larut malam pada akhir pekan tercatat mengalami kekurangan tidur.

baca juga


5. Optimalkan Suasana Kamar Tidur

Cegah Penyakit dengan 5 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari
source: https://casper.com/

Terakhir, percayalah bahwa suasana dan lingkungan kamar beserta dengan pengaturannya adalah faktor kunci untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Faktor-faktor ini termasuk suhu, kebisingan, lampu eksternal dan penataan furnitur. Jadi, pastikan kamar selalu dalam kondisi yang rapi dan tertata nyaman untuk membuat tidur lebih nyenyak dan efektif.