Asal Usul Ogura Cake

Sebelum membuat Ogura Cake, ada baiknya kita tahu lebih dulu bagaimana asal usul Ogura Cake. Ogura cake adalah kue yang berasal dari Batu Pahat, Malaysia. Cake yang memiliki tekstur lembut ini adalah inovasi baru dari para pembuat roti Batu Pahat.

Pemberian nama Ogura Cake ini ada sejarahnya, Moms. Konon, ada seorang wanita yang tinggal di Batu Pahat dan tengah merindukan suaminya yang pergi ke Jepang. Setelah sekian lama menunggu, namun sayangnya sang suami tidak kunjung datang, dan dikabarkan meninggal tanpa penyebab yang jelas. Sejak saat itu, untuk mengenang cintanya, wanita tersebut membuat sebuah kue dengan nama suaminya, yaitu Ogura.

Tips Membuat Ogura Cake

Sejarah pemberian nama Ogura Cake memang cukup menyedihkan. Tapi tidak seperti ceritanya, ternyata rasa Ogura Cake ini justru membuat siapa pun yang mencicipinya merasakan bahagia karena saking enak dan lembutnya. Nah, untuk membuat Ogura Cake yang enak dan lembut, tentu ada caranya. Berikut ini tipsnya ya, Moms.

Gunakan Telur Dingin untuk Memisahkan Kuning dan Putih Telur
Untuk membuat Ogura Cake yang enak dan lembut, Moms membutuhkan kocokan kuning telur dan putih telur. Nah hasil kocokan telur terbaik, dihasilkan dari kuning telur dan putih telur benar-benar terpisah. Jadi Moms harus memisahkan putih dan kuning telur selagi telur masih dingin. Mengapa demikian? Karena ketika baru saja keluar dari kulkas, tekstur kuning telur masih agak kaku sehingga lebih mudah dipisahkan dari putih telur.

Tips Membuat Ogura Cake
source: https://doktersehat.com/
baca juga

Gunakan Teknik Aduk-Lipat
Setelah meringue jadi, campurkan ke dalam adonan kue berisi kocokan kuning telur, santan/susu, minyak, dan terigu. Untuk proses pencampuran ini, Moms sebaiknya menggunakan teknik aduk-balik atau aduk-lipat dengan spatula sebagai alatnya. Mengapa harus menggunakan tekhnik aduk-lipat? Karena udara yang terdapat dalam meringue dapat “terkunci” dalam adonan kue, sehingga ogura cake bisa mengembang dengan cantik saat dipanggang nanti.

Tips Membuat Ogura Cake
source: http://warnakreatif.com/

Pastikan Air Tidak Masuk Ke Dalam Adonan Kue
Untuk mendapatkan hasil yang baik, sebaiknya proses pemanggangan au bain marie menggunakan hot-water bath atau air panas untuk merendam loyang kue. Namun, Moms juga perlu berhati-hati agar air panasnya tidak masuk ke dalam adonan kue. Karena jika sampai air masuk ke dalam adonan kue, maka tekstur ogura cake akan berubah dan tentunya mempengaruhi proses mengembangnya kue. Wah, jangan sampai terjadi ya, Moms. Nah. untuk mengakalinya, Moms bisa meletakkan handuk di dalam loyang berisi air panas, lalu taruh loyang adonan di atasnya sehingga posisinya tetap ajeg (diam dan sama).

Tips Membuat Ogura Cake
source: http://kueresep.com/
baca juga

Set Oven Dengan Suhu yang Tepat
Untuk mendapatkan hasil Ogura Cake yang cantik, sebaiknya Moms memaanggang ogura cake dengan suhu 160-170 °C, tergantung pada kemampuan oven Mommies. Sebaiknya hindari memakai suhu yang terlalu tinggi ya, Moms. Karena hal tersebut bisa membuat permukaan kue gosong dan air panas au bain marie-nya mendidih. Jika terlalu mendidih hingga letup-letup, air panas bisa menciprat dan masuk ke dalam adonan sehingga tekstur kue pun bergelombang dan tidak akan mengembang sempurna.

Tips Membuat Ogura Cake

Nah Moms, itu tadi 4 tips membuat Ogura Cake yang anti bantet. Selamat mencoba Mommies. Semoga berhasil.