Dalam upaya untuk membantu mengatasi asupan gula berlebih, American Heart Association (AHA) merekomendasikan agar anak-anak mengonsumsi tidak lebih dari 12 gram atau 3 sendok teh gula per hari. Selain itu, pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk mengonsumsi gula dengan batas maksimal 5% dari asupan kalori harian. Ini sudah berkurang dari batas 10% yang ditetapkan sebelumnya.

Waspada Obesitas, Ini Cara Tepat Membatasi Asupan Gula Pada Anak
source: http://thatsugarmovement.com/

Sumber Asupan Gula Anak-Anak

Sebuah survei yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian Penyakit, Amerika Serikat, yang disebut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) menemukan bahwa ada lima kategori makanan dan minuman yang menyebabkan anak-anak mendapatkan jumlah gula yang berlebihan setiap harinya :

  1. Minuman non-jus, seperti soda dan minuman teh kemasan
  2. Minuman buah kemasan (termasuk jus buah 100%)
  3. Camilan seperti biskuit dan kue kering
  4. Makanan penutup berbahan dasar susu, seperti puding
  5. Permen
Waspada Obesitas, Ini Cara Tepat Membatasi Asupan Gula Pada Anak
source: https://www.familyeducation.com/
baca juga

Cara Mengurangi Asupan Gula Anak

  1. Sajikan lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Anak-anak (dan orang dewasa) seharusnya mengonsumsi 5-9 porsi buah-buahan dan sayuran per hari seperti apel, wortel, brokoli, pisang, dan paprika. Buah dan sayuran utuh mengandung air dan serat, yang akan membantu anak-anak merasa kenyang dan berhenti untuk mencari camilan.
  2. Hindari makanan proses. Makan lebih banyak makanan dalam bentuk asalnya yang tidak melalui proses khusus. Cara ini dapat memastikan bahwa asupan nutrisi di dalamnya akan masuk ke tubuh anak dengan utuh tanpa tambahan gula.
  3. Masak lebih banyak di rumah. Semakin Mommy meluangkan waktu lebih banyak untuk memasak masakan untuk anak di rumah, semakin banyak kendali yang Mommy miliki atas makanan yang ia makan. Jajanan dan makanan yang dijual di luar sering menambahkan gula untuk meningkatkan rasa makanan di menu mereka. 
  4. Carilah pengganti camilan. Saat berjalan-jalan, Mommy kerap menyerah hingga akhirnya membelikan makanan ringan tak bergizi untuk si kecil. Pastikan agar bisa menghindari hal ini dengan menyiapkan makanan sehat seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.
Waspada Obesitas, Ini Cara Tepat Membatasi Asupan Gula Pada Anak
source: https://www.arcare.net/


Itulah beberapa hal yang harus Mommy perhatikan untuk mengurangi asupan gula pada anak-anak. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!