Tidur Anak

Waktu tidur adalah waktu penting bagi tubuh manusia untuk melakukan proses metabolisme. Khusus untuk anak, waktu tidur juga merupakan saat-saat penting untuk terjadinya tumbuh kembang anak secara maksimal.
 

source: http://www.molto.co.id/


Namun, pada kenyataannya, banyak orang tua yang belum peka terhadap pengaruh kondisi tidur anak terhadap keoptimalan perkembangan anak. Termasuk diantaranya pilihan antara tidur dalam lampu yang menyala atau mati. 


 

source: http://nakita.grid.id/


Pada kenyataannya, tidur dalam lampu redup atau gelap akan lebih baik bagi anak daripada tidur dalam keadaan terang. Nah, berikut ini adalah manfaat anak tidur dalam keadaan gelap dan bahaya anak tidur dalam keadaan terang yang wajib Mommy tahu!


 

baca juga

Manfaat Anak Tidur Dalam Keadaan Gelap

Tidur dalam keadaan gelap membawa banyak manfaat bagi anak, diantaranya adalah :

  1. Memaksimalkan produksi hormon melatonin. Hormon yang satu ini sangat penting untuk meningkatkan proses imunitas pada tubuh anak. Dengan begitu, anak akan lebih aman dari serangan penyakit.
  2. Membuat anak lebih rileks. Tidur saat lampu gelap akan membuat seluruh tubuh beristirahat dengan sempurna. Anak juga akan lebih mudah rileks dan dapat optimal dalam beristirahat.
  3. Menurunkan risiko leukimia pada anak. Dengan membiasakan anak tidur dengan keadaan gelap, kamu akan menurunkan risiko terjangkitnya leukimia pada anak. Hal ini disebabkan tubuh mengeluarkan hormon anti kanker saat tidur dalam keadaan gelap.
source: http://jawhar9.com/



 

Risiko Anak Tidur dalam Keadaan Terang

Tidur dalam kondisi ruangan yang terang dapat memicu banyak risiko berbahaya pada anak. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat disebabkan oleh kebiasaan tidur dalam keadaan lampu menyala pada anak :

  1. Memicu risiko mata minus. Cahaya pada lampu yang menyala terang pada dasarnya tetap akan menembus kelopak mata sehingga mata akan tetap aktif. Terlalu banyak terpapar dengan cahaya akan merangsang mata secara berlebihan. Hal inilah yang membuat mata lebih mudah minus.
  2. Terhambatnya produksi hormon melatonin. Hal ini sangat berbahaya sebab anak akan lebih mudah terserang penyakit. 
source: https://hellosehat.com/


Nah, itulah hal penting yang harus Mommy ketahui untuk menciptakan lingkungan yang baik dan nyaman saat anak tidur. Semoga bermanfaat!