1. Perancis

Seru Banget! 5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Di Perayaan Hari Kemerdekaan
source: https://www.parisdiscoveryguide.com/

Pada 14 Juli diperingati sebagai hari kemerdekaan Perancis yang dikenal juga sebagai Bastille Day. Hari ini menjadi momen bersejarah untuk Revolusi Perancis di tahun 1789. Saat Hari Bastille, masyarakat Perancis melakukan beragam kebiasaan mulai dari pesta dansa yang diadakan oleh para pemadam kebakaran. Selain itu, di hari ini Presiden Perancis juga dapat memberikan keringanan hukuman hingga pembebasan untuk tahanan. Ditambah lagi, hari ini juga dimeriahkan dengan parade militer, festival, dan kembang api di menara Eiffel.


2. Meksiko

Seru Banget! 5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Di Perayaan Hari Kemerdekaan
source: https://www.vallartadaily.com/

Orang-orang Meksiko juga memiliki cara unik untuk merayakan hari kemerdekaannya di tanggal 16 September. Proklamasi kemerdekaan pertama Meksiko dilakukan pada tahun 1810. Biasanya perayaan akan dimulai dengan pembunyian lonceng kebebasan bersejarah oleh Presiden pada 15 September. Lalu sang presiden akan memberikan "El Grito," sambil berteriak "Mexicanos, Viva Mexico." Kemudian, masyarakat yang menontonnya akan mengikuti dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan. Tidak berhenti sampai di situ, pada 16 September akan dilaksanakan festival besar dengan rodeo, adu banteng, parade, dan penampilan tarian tradisional Meksiko.

baca juga


3. Peru

Seru Banget! 5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Di Perayaan Hari Kemerdekaan
source: https://www.alignable.com/

Seperti Meksiko, masyarakat Peru juga memulai perayaan hari kemerdekaan pada malam sebelum hari kemerdekaan mereka. Biasanya akan ada penampilan musik rakyat dan musik Creole di berbagai plaza dan taman. Saat matahari terbit di tanggal 28 Juli, 21 meriam akan dinyalakan seiring dengan upacara pengibaran bendera. Kemudian dilanjutkan dengan festival yang khas sebagai bagian dari budaya Creole, yaitu adu ayam, adu banteng, dan pameran kuda paso Peru.


4. India

Seru Banget! 5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Di Perayaan Hari Kemerdekaan
source: https://www.thestatesman.com/

15 Agustus menjadi akhir dari pemerintahan kolonial Inggris di India pada tahun 1947. Untuk merayakannya, orang-orang India akan mengadakan upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan pada tiap pusat pemerintahan nnegara bagian, sekolah, dan tempat umum. Setelah itu, perayaan akan dilanjutkan dengan tradisi menerbangkan layang-layang yang kemudian menjadi kompetisi untuk memutuskan layang-layang orang lain. Ini menjadi momen yang banyak dinantikan karena semua lapisan masyarakat akan bergabung dan bersuka cita bersama.

baca juga


5. Indonesia

Seru Banget! 5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Di Perayaan Hari Kemerdekaan
source: https://www.askideas.com/

Nah, yang terakhir, tentu Indonesia juga tidak kalah dengan tradisi meriah dan unik saat momen hari perayaan kemerdekaannya. Di hari kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus akan dilaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Setelah itu, masyarakat akan bersuka cita dengan melaksanakan festival dan berbagai pertandingan serta lomba yang khas. Beberapa diantaranya adalah lomba makan krupuk, lomba balap karung, dan permainan panjat pinang. Selain itu, menjelang hari kemerdekaan jalan-jalan akan dihiasi dengan gapura dan hiasan bendera yang meriah.