Membersihkan Telinga Bayi

Telinga merupakan salah satu organ penting yang sangat rawan. Di dalamnya terdapat kotoran yang diakibatkan dari dalam atau bahkan faktor luar. Berbagai cara dilakukan oleh para orang tua untuk membersihkan dan menjaga kesehatan telinga. Namun seringkali moms khawatir dan bingung bagaimana cara untuk membersihkannya. Yuk moms simak apa saja yang dibutuhkan untuk membersihkan telinga bayi. 

Membersihkan Telinga Bayi

Adapun penggunaan cotton buds atau jari tidak direkomendasikan untuk bayi. Hal ini disebabkan karena dapat merusak gendang telinga dan justru mendorong kotoran semakin masuk ke dalam.

Menggunakan Waslap dan Air Hangat

Penggunaan waslap dan air hangat merupakan salah satu cara untuk membersihkan telinga si kecil moms. Namun dalam hal ini, hanya berlaku untuk pembersihan telinga bagian luar. Namun jangan khawatir, justru cara ini yang seringkali direkomendasikan dari dokter untuk membersihkan telinga si kecil.

Menggunakan Waslap dan Air Hangat

Adapun cara membersihaknnya yang pertama adalah siapkan waslap dan air hangat di wadah. Selanjutnya basahi waslap tersebut dengan air hangat yang sudah disiapkan. Kemudian peras hingga air yang terserap sedikit tersisa. Setelah dibasahi, mulailah seka bagian luar telinga si kecil secara perlahan. Hindari penggunaan waslap yang sangat basah, karena dikhawatirkan air yang terserap masuk ke dalam telinga si kecil. 

baca juga

Menggunakan Obat Tetes

Telinga bayi memiliki lubang yang sangat kecil jika dibandingkan dengan orang dewasa. Tentu sangat tidak mudah jika menggunakan cutton buds atau sejenisnya. Salah satu cara membersihkan telinga bayi yaitu dengan menggunakan obat tetes telinga. Tentunya sesuai dengan resep dokter ya moms. Sebelum memutuskan obat tetes apa yang cocok untuk digunakan membersihkan telinga si kecil, moms dianjurkan untuk konsultasi dulu kepada dokter untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. 

Menggunakan Obat Tetes

Adapun cara menggunakan obat tetes telinga bayi. Mulanya baringkan bayi menyamping, sesuai dengan bagian telinga mana yang akan dibersihkan. Tahap kedua teteskan obat telinga sebanyak lima tetes atau sesuai anjuran dokter. Setelah itu, moms harus menahan posisi bayi antara 5-10 menit agar obat tersebut masuk ke dalam telinga. Terakhir, balikkan posisi bayi dengan posisi telinga yang telah dibersihkan menghadap ke bawah, agar kotoran telinga keluar. Nah moms, selamat mencoba tips ini yaa!