Membeli Emas

Bagi sebagian besar wanita, membeli emas merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan untuk menyimpan harta. Cara ini seringkali dinilai lebih efektif untuk menjaga stabilitas nilai mata uang yang berlaku. Agaknya sebelum membeli emas, mommies harus lebih tepat menentukan tujuan dari pembelian emas tersebut, karena hal ini berdampak pada masa mendatang moms. Berniat untuk menjadikan emas sebagai investasi atau untuk persediaan mendesak. 

Membeli Emas

Pilih Tempat Pembelian yang Sama

Sebelum memilih jenis apa yang akan dibeli, moms juga perlu memperhatikan toko yang akan dituju moms. Carilah toko yang memiliki reputasi jelas. Karena dengan begitu moms juga akan mendapatkan rasa aman dan kualitas emas yang baik. Jangan lupa juga untuk memperhatikan harga jual pada toko tersebut, pastikan harga jual emas di kemudian hari tidak turun drastis dari pembelian. Antisipasinya moms untuk rekomendasi yang bersertifikat moms cukup memilih PT. Antam atau tempat pegadaian.

Pilih Tempat Pembelian yang Sama
baca juga

Cek Harga Emas Saat Itu

Harga emas cenderung cepat sekali berubah, oleh sebab itu penting sekali bagi mommies untuk mengecek harga sebelum membelinya. Salah satu cara untuk mengecek harga tersebut dengan membuka beberapa situs seperti logammulia.com, pegadaian.co.id dan beberapa situs lain. Biasanya Perusahaan Antam mengumumkan harga emas secara berkala.

Cek Harga Emas Saat Itu

Cek Keadaan Fisik Emas

Setelah mengetahui harga dan tempat untuk membeli emas, moms juga harus teliti dalam mengecek keadaan emas yang akan dibeli. Pastikan emas yang akan kamu beli tidak memiliki cacat apapun, baik goresan, cekungan atau cacat lainnya. Tentunya hal ini akan merugikan jika ingin menjualnya lagi moms. Secara otomatis harga akan berubah bahkan bisa turun drastis. Pastikan juga melihat kebersihan emas yang ingin moms beli, krena seringkali terdapat sisa-sisa bahan kimia yang dapat menyebabkan alergi pada kulit.

Cek Keadaan Fisik Emas
baca juga

Tanyakan Kadar Karat Emas

Hal paling utama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui kadar emas. Setiap emas memiliki kadar kemurnian yang beragam. Menurut beberapa sumber, di Indonesia standart karat di toko emas memiliki nilai yang berbeda. Seperti 24 karat berarti jumlah emas murninya 90%. Selanjutnya jika emas memiliki kadar 23% karat, maka berarti kadar emasnya adalah 70%, dan untuk kadar karat 22% berarti kadar emasnya 40%.

Tanyakan Kadar Karat Emas

Simpan Surat dan Emas di Tempat yang Aman

Setelah memiliki emas atau perhiasan yang diinginkan, moms jangan lupa untuk mempersiapkan tempat yang paling aman untuk menyimpannya. Karena emas merupakan salah satu jenis barang berharga yang dapat diuangkan kembali. Jika emas yang dimiliki tidak terlalu banyak, maka menggunakan brangkas sangat direkomendasikan untuk digunakan untuk menyimpan barang berharga di rumah. Sedangkan jika yang dimiliki dikategorikan banyak, maka sangat direkomendasikan untuk disimpan di deposit bank. Hal ini agar terhindar dari kehilangan dan lebih aman. 

Simpan Surat dan Emas di Tempat yang Aman