Moms, ada dua jenis dari lemak trans yang ditemukan di dalam makanan, yaitu lemak trans alami dan lemak trans buatan. Lemak trans alami dihasilkan di dalam usus beberapa hewan dan makanan yang dihasilkan dari hewan-hewan tersebut. Misalnya, susu dan produk daging dapat mengandung sedikit jumlah lemak trans. Sedangkan lemak trans buatan dihasilkan dari proses industri dengan menambahkan hidrogen pada cairan minyak sayur agar menjadi lebih padat.

Makanan yang Digoreng

Biasanya makanan yang digoreng sangat berisiko mengandung lemak trans, karena sebagian besar pedagang gorengan menggunakan minyak goreng yang digunakan berkali-kali. Maka dari itu, makanan yang digoreng merupakan makanan yang mengandung lemak trans paling tinggi.

Makanan yang Digoreng
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Margarin

Saat ini memang banyak produk margarin sehat yang dijual dipasaran. Produk margarin sehat ini memang dibuat dari minyak sayur bukan dari produk susu atau hewan, jadi memang lebih sehat. Tapi, untuk margarin yang berbentuk padat tetap saja mengandung minyak. Jadi jika Moms mau menggunakan margarin, pilih margarin dengan stempel bebas lemak trans, ya.

Margarin
source: http://www.inspirasibaking.com/

Krimer

Untuk pecinta kopi, pasti tidak asing lagi dengan krimer. Krimer merupakan produk emulsi lemak yang sering ditambahkan dalam secangkir kopi. Sebagian besar produk kopi bubuk kemasan atau instan yang menggunakan krimer mengandung minyak nabati terhidrogenasi. Sebaiknya, Moms menghindari makanan tersebut karena minyak terhidrogenasi mengandung beberapa lemak jenuh.

Krimer
source: https://productnation.co/
baca juga

Popcorn

Meski termasuk camilan yang sehat karena terbuat dari jagung, namun popcorn juga salah satu makanan yang mengandung lemak trans. Biasanya popcorn disajikan dengan menggunakan topping yang lengket. Topping ini biasanya terbuat dari campuran mentega dan karamel. Nah, seperti yang dibahas sebelumnya bahwa mentega bisa saja menimbulkan lemak trans. Oleh karena itu sebaiknya hindari popcorn yang disajikan dengan topping lengket.

Popcorn
source: https://www.onceuponachef.com/

Bahaya Lemak Trans

Mengapa lemak trans wajib dihindari? Hal tersebut dikarenakan lemak trans dapat meningkatkan “kolestrol jahat” alias LDL, dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Lemak trans juga dapat menurunkan “kolesterol baik” alias HDL. Kadar kolestrol LDL yang tinggi dikombinasikan dengan kadar HDL yang rendah meningkatkan risiko penyakit jantung, penyebab utama kematian pada pria dan wanita, serta terkait dengan risiko tinggi terhadap diabetes tipe 2. Berbahaya kan, Moms? Jadi, yuk niatkan dari sekarang untuk selalu hidup sehat.

Bahaya Lemak Trans
source: https://lifestyle.okezone.com/

Moms, mungkin menghindari lemak trans sepenuhnya memang hal yang sulit. Karena banyak sekali makanan yang dijual dipasaran mengandung lemak trans. Namun, Moms bisa kok membatasi asupan lemak trans. Jangan lupa untuk terus menerapkan gaya hidup sehat ya, Moms.