Melunakkan daging merupakan bagian terpenting dalam pengolahan daging. Hal tersebut akan membuat daging tidak keras atau alot saat dikonsumsi. Melunakkan daging bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang aman, tanpa merusak kualitas daging. Di bawah ini berbagai macam bahan alami untuk melunakkan daging, sekaligus memberikan rasa yang berbeda pada daging.

Tomat

Cara mudah melunakkan daging bisa dengan tomat yang sudah moms hancurkan atau dihaluskan. Setelah tomat halus, lumuri daging dan diamkan selama 40-60 menit. Selain itu, moms bisa gunakan tomat dalam bentuk saus. Kandungan asam pada saus tomat akan membantu daging menjadi lunak, sehingga daging tidak keras saat dikonsumsi.

Tomat
baca juga

Kopi Hitam

Kopi hitam yang sudah diseduh bisa moms gunakan untuk merendam daging demi menghasilkan daging yang empuk. Rendam daging dengan kopi hitam selama seharian hingga daging mulai terlihat empuk. Selain membuat daging lunak, kopi hitam akan membantu menetralisir bau amis pada daging.

Kopi Hitam

Teh

Teh memiliki banyak manfaat, moms, selain bagus untuk kesehatan, teh juga bermanfaat untuk melunakkan daging. Teh mengandung tanin alami yang akan melunakkan daging. Bahan alami ini jiga mudah diaplikasikan pada daging, cukup rendam daging dengan teh yang sudah diseduh, dan tunggu sampai daging melunak.

Teh
baca juga

Nanas

Buah nanas memiliki fungsi sebagai bahan pengempuk daging. Terlebih dahulu, nanas dihancurkan dengan cara diblender atau diparut, kemudian lumuri pada daging, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah empuk, daging siap diolah dengan tekstur yang lembut alias tidak keras atau alot. Hal tersebut dikarenakan nanas mengandung vitamin C yang tinggi yang membantu memecah protein pada daging, sehingga membuat daging empuk.

Nanas

Daun Pepaya

Sama seperti nanas, daun pepaya yang dilumuri pada daging mampu memecah protein pada daging yang membuat deging lembut atau empuk. Hal ini dikarenakan kandungan enzim papain pada daun pepaya. Cara penggunaannya bisa dengan meremas daging bersamaan dengan daun pepaya, kemudian bungkus daging dengan daun pepaya, diamkan selama 30 menit.

Daun Pepaya

Jahe

Sebelum mengolah daging, pastikan moms sudah menggunakan jahe sebagai bahan alami untuk melunakan daging, ya. Jahe mengandung enzim proteolitik alami yang bermanfaat melunturkan protein pada daging. Jahe cukup diparut, kemudian dilumuri ke seluruh daging, dan diamkan hingga daging terlihat mulai empuk.

Jahe

Yogurt

Yogurt mengandung kalsium yang baik untuk tubuh, sekaligus berfungsi sebagai bahan alami pelunak daging. Selain kadar keasaam yogurt yang tinggi, kalsium pada yogurt akan membentuk enzim sehingga dapat memecah ikatan protein pada daging.

Yogurt

Cuka Apel

Cuka apel tidak hanya membuat otot daging dan serat melunak, tapi mampu memberikan rasa pada daging yang akan diolah, sehingga daging yang disajikan akan terasa lebih enak. Cuka apel menjadi bahan alami yang aman untuk melunakan daging karena memiliki kadar keasaman yang tinggi.

Cuka Apel