Usia Anak 0-2 Tahun

Pada usia ini kamu tidak boleh membiasakan anak berinteraksi dengan gadget. Hal ini sangat penting karena pada usia awal ini perkembangan anak sedang sangat pesat. Gunakan kesempatan ini untuk membuat anak lebih familiar dengan lingkungan sekitar.
 

source: http://www.spring.st/


Jangan biasakan mengalihkan tangisan anak dengan memberikan gadget karena hal ini sangat berisiko membuat anak tertarik pada gadget sehingga membuatnya ketagihan.


 

baca juga

Usia Anak 3-4 Tahun

Pada usia ini kamu sudah mulai boleh memperlihatkan sedikit tentang gadget pada anak. Anak usia 3-4 tahun sudah mulai dapat diajak berkomunikasi. Ajarkan mereka tentang pertaruan bermain gadget. Jangan lupa untuk selalu menemani mereka saat mereka mengoperasikan gadget.
 

source: http://www.hongkiat.com/


Waspadai pengaruh gadget dalam memicu keluarnya hormon-hormon endorphin yang menyebabkan anak kecanduan bermain gadget. Karena itu, batasi lama maksimal bermain gadget yaitu satu jam saja.


 

Usia Anak 5-7 Tahun

Memasuki usia 5 tahun, anak sudah cukup besar untuk dapat menggunakan gadget sebagai sarana belajar. Kamu dapat memberikan ekstra waktu untuknya bermain gadget dengan catatan hanya untuk membuka aplikasi dan permainan edukasi.
 

source: http://parentpalace.com/


Terus awasi saat anak bermain gadget. Pastikan mereka tetap memiliki waktu banyak untuk bermain di luar, membaca buku, dan bersosialisasi. Luangkan waktumu untuk berbincang tentang apa yang sudah ia dapat dari bermain gadget.


 

baca juga

Usia 8-10 Tahun

Di usia peralihan dari anak-anak menuju remaja, anak akan mulai meminta gadget sendiri. Sebagai orang tua, ini adalah saat yang tepat untuk melatih tanggung jawab anak atas dirinya sendiri.

Jadi, kamu dapat memberikan mereka gadget untuk mereka gunakan sesuai kebutuhan mereka. Namun, perhatikan hal-hal penting yang harus kamu lakukan sebelum memberikan gadget pada anak :

  1. Buatlah perjanjian singkat tentang penggunaan gadget. Tulis detail apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. 
  2. Sepakati lama maksimal bermain gadget perhari. Hal ini penting untuk menjaga kedisiplinan anak.
  3. Pastikan anak harus meluangkan waktu untuk keluarga. Menyisihkan waktu untuk keluarga akan sangat bermanfaat dalam menjaga kemampuan komunikasi anak.
  4. Buat target prestasi. Dengan diberikannya gadget, mereka harus membuat target prestasi di sekolah maupun di luar sekolah.
  5. Sepakati reward dan punishment. Kedua hal ini penting dalam memberikan apresiasi dan peringatan untuk setiap keberhasilan atau kegagalan dalam menaati peraturan.
source: http://www.mercurynews.com/


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait waktu yang tepat untuk memperkenalkan gadget pada anak. Semoga bermanfaat, ya!