Tahapan Perkembangan Motorik Anak


Dalam perkembangan motoriknya, biasanya anak akan melalu beberapa tahapan sebelum dapat berjalan atau bahkan berlari. Berikut ini adalah tahapan perkembangan motorik anak sesuai dengan usianya yang perlu kamu ketahui :
  • 6-8 Bulan : Bayi akan mulai duduk dan merangkak dengan lututnya.
  • 12-18 Bulan : Bayi dapat berdiri dan berjalan merambat perlahan.
  • 18-24 Bulan : Bayi dapat berjalan dengan lancar tanpa bantuan.
  • 24-36 Bulan : Bayi sudah mulai bisa memanjat, berjinjit, dan melompat.
Tahapan Perkembangan Motorik Anak
source: https://www.bundoo.com

Penyebab Bayi Telat Berjalan


Jika bayimu terlambat dari range periode perkembangan motorik diatas, kamu perlu lebih waspada dan peka terhadap apa yang menyebabkan ia telat berjalan.
 

  1. Ketidakmatangan persyarafan. Untuk hal ini kamu perlu mengamati perkembangan kecil pada anak, misalnya kemampuan menggenggam atau menendang.
  2. Gangguan keseimbangan. Anak yang mengalami dysfunction of sensory integration (DSI) biasanya memiliki gangguan dalam keseimbangan tubuhnya. Hal ini dapat diamati melalui rasa kepercayaan dirinya dalam berusaha berjalan. Biasanya anak yang mengalami gangguan keseimbangan menjadi penakut dalam mencoba hal baru.
  3. Faktor Predisposisi. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak yang mengalami kondisi khusus seperti prematur, obesitas, dan lain-lain.
  4. Kendala Psikologis. Anak juga dapat terlambat mengalami perkembangan untuk berjalan disebabkan oleh masalah psikologisnya. Biasanya penggunaan baby walker yang terlalu cepat atau bahkan berlebihan dapat membuat anak trauma dan tidak ingin mencoba berjalan dengan kakinya sendiri.
Penyebab Bayi Telat Berjalan
source: http://www.leapfrog.com/
baca juga

Penanganan Bayi Telat Berjalan


Jika hal itu terjadi pada bayimu, segera lakukan penanganan berikut ini :

  • Untuk memastikan kondisi perkembangan syaraf motorik anak berkerja dengan baik, segera lakukan pemeriksaan neurologis, fleksibilitas sendi, kekuatan otot, serta kemampuan melakukan berbagai gerakan.
  • Jika bayimu tidak bermasalah dalam perkembangan syaraf, tetapi terdapat gangguan pada keseimbangannya, segera berikan stimulasi dan intervensi untuk memancing anak lebih berani dan berusaha untuk berjalan.
  • Terakhir, segera konsultasikan kondisi anakmu pada dokter. Jika diperlukan, kamu akan melakukan terapi fisik untuk menangani keterlambatan berjalan pada anak.
Penanganan Bayi Telat Berjalan
source: http://babybabysg.com/


Nah, itulah hal-hal penting yang perlu kamu ketahui dan lakukan dalam menangani anak yang telat berjalan. Semoga bermanfaat, ya!