Cara Mengobati Sengatan atau Gigitan Serangga Pada Anak Secara Tepat

Sengatan Lebah /Tawon dan Cara Mengobatinya
 
Ketika menyengat manusia, lebah dan tawon meninggalkan racun di kulit. Bagian tubuh yang tersengat biasanya akan memerah dan bengkak. Rasanya bisa semakin menyakitkan seiring berjalannya waktu. Namun tak perlu khawatir, moms, sengatan lebah merupakan gangguan ringan.
 
Jika mendapati hal ini, segera cabut sengat tersebut agar racun tidak masuk ke tubuh. Namun jangat terburu-buru dan lakukan dengan hati-hati ya, moms. Setelah itu, basuh dengan air dan bersihkan dengan sabun agar tetap bersih. Jika sengatan tidak berada di dekat mata, moms bisa langsung mengoleskan kalamin atau soda kue. Lanjutkan dengan memberi kompres es selama 15 menit. Lakukan kompres selang beberapa jam hingga bekas sengatan mereda.
 
Selanjutnya, oleskan krim antibiotik demi mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut. Beberapa krim di apotek juga dapat meredakan bengkak, kemerahan, gatal, dan nyeri, moms. Reaksi sengatan akan mereda dalam satu atau dua hari, moms.

Cara Mengobati Sengatan atau Gigitan Serangga Pada Anak Secara Tepat

Gigitan nyamuk, Semut Api, dan Kutu Serta Cara Mengobatinya

Nyamuk merupakan salah satu serangga yang bisa berada di mana saja, di antara orang-orang, makanan, maupun genangan air. Di samping itu saat bermain, anak bisa saja mengganggu sarang semut api atau kutu. Umumnya, gigitan serangga tadi hanya menyebabkan gatal. Itupun tidak berlangsung lama layaknya sengatan lebah atau tawon.
 
Jika tergigit, maka segera basuh dengan air bersih. Untuk menghentikan gatal dan mengurangi bengkak, moms bisa memberi antihistamin atau membeli asetaminofen untuk meredakan rasa sakit. Semuanya bisa dibeli pada apotik tanpa menggunakan resep. Minta bantuan apoteker untuk produk yang paling tepat bagi anak-anak.

baca juga
Cara Mengobati Sengatan atau Gigitan Serangga Pada Anak Secara Tepat

Kapan Harus Konsultasi atau Mencari Bantuan Medis
 
Pada sengatan lebah atau tawon, situasi bisa berubah menjadi bahaya ketika si anak atau orang tersebut memiliki alergi. Beberapa reaksi alergi yang akan muncul antara lain pembengkakan, gatal-gatal, panas di sekitar area gigitan, hingga alergi sistemik yang reaksinya tidak hanya di area gigitan namun juga seluruh tubuh. Hal ini terjadi karena racun telah menyebar. Maka, moms harus menghubungi dokter untuk pemeriksaan dan mendapat resep yang tepat.
 
Sedangkan pada gigitan serangga lainnya, jika reaksi yang muncul lebih dari gatal dan bengkak di area gigitan, moms harus membawanya ke rumah sakit untuk pemeriksaan. Sebab, ada beberapa jenis nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit serius, moms. Apalagi jika timbul pusing, demam, mual dan muntah, hingga sesak napas.
 
Moms juga harus mewaspadai jika terjadi gejala lain berikut ini:

  • Demam
  • Kemerahan atau gatal pada sebagian besar anggota tubuh
  • Pembengkakan di wajah, bibir, ataupun lidah
  • Panas dingin
  • Tenggorokan terasa seperti menutup
  • Mual dan muntah
  • Nyeri otot/kram
  • Merasa letih dan lemah
Cara Mengobati Sengatan atau Gigitan Serangga Pada Anak Secara Tepat

Tips Mencegah Gigitan & Sengatan

Sebelum kejadian buruk menimpa si kecil, ada baiknya kalau moms melakukan pencegahan lebih dahulu. Beberapa hal berikut dapat dilakukan agar risiko sengatan atau gigitan serangga dapat dicegah:
 

  • Bersihkan rumah agar tidak menjadi sarang kutu. Mulai dari tempat-tempat yang jarang di jangkau, karpet, perabot, dan sebagainya.
  • Jangan berikan ruang untuk nyamuk berkembang biak. Buang genangan-genangan air dan hindari tempat-tempat yang lembab.
  • Pakai losion anti nyamuk, terutama saat keluar dari rumah
  • Gunakan pakaian tertutup sehingga melindungi seluruh tubuh saat berada di tempat-tempat yang berpotensi terdapat serangga.
  • Jika diserang oleh tawon atau lebah, lebih baik jangan melawan balik. Moms harus lari dan mencari tempat perlindungan, misalnya masuk ke dalam ruangan.

 
Itulah beberapa hal yang harus moms ketahui agar terhindar dari sengatan dan gigitan lebah. Jika terlanjur digigit atau disengat, jangan langsung panik. Atasi sesuai langkah-langkah tadi ya, moms.