Khawatir Tertular Penyakit di Kolam Renang Umum? Perhatikan 7 Hal Penting Ini, Moms!
Perhatikan Kebersihan Air dan Kolam

Sebelum masuk ke kolam renang, moms harus pastikan dulu nih kolamnya jernih atau tidak. Kalau kolam dan airnya tampak kotor, sebaiknya urungkan niat untuk berenang di tempat tersebut atau cari kolam renang yang lain. Sebab, kolam yang keruh dan kotor menandakan ada begitu banyak bakteri atau virus yang bersarang di dalamnya, sehingga anak dapat tertular penyakit saat berenang. Ada kemungkinan sumber penyakit tersebut berasal dari bakteri dan virus yang dibawa oleh pengunjung lain moms, mulai dari penyakit herpes atau penyakit kulit lain, diare, mutaber, hingga demam.


Cium Bau Kolam Renang

Kolam renang pada umumnya menggunakan larutan kaporit agar tampak bersih dan jernih. Sebenarnya penggunaan kaporit dalam batas wajar tidak akan membuat kolam berbau menyengat moms. Namun jika kaporit dalam kolam begitu banyak, ditambah bercampur dengan minyak tubuh para pengunjung, keringat, urin, lotion, air liur, hingga kotoran, dan sebagainya, dapat membuat kolam menghasilkan aroma yang kuat.

Jika moms mencium aroma kaporit yang begitu kuat, sebaiknya jangan berenang di kolam renang tersebut. Kerena kandungan kaporit yang cukup tinggi dapat merusak kulit jika terpapar terlalu lama.
 

Buang Air di Toilet

Untuk menjaga kebersihan kolam serta kesehatan pengunjung, sebisa mungkin orang tua memberi pengertian dan mengajarkan pada anak untuk buang air harus di toilet yang telah disediakan. Jadi, anak tidak kencing atau buang air besar di kolam renang. Sering kali anak-anak yang sudah kebelet buang air dikeluarkan begitu saja saat berenang, moms. Hm, jangan sampai hal itu terjadi ya.

Khawatir Tertular Penyakit di Kolam Renang Umum? Perhatikan 7 Hal Penting Ini, Moms!
Mandi Sebelum dan Sesudah Berenang

Sebelum berenang, jangan lupa mandi menggunakan sabun mandi secara menyeluruh ya moms. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terkontaminasinya air kolam dengan bakteri dari tubuh. Setelah berenang, jangan lupa juga untuk membersihkan tubuh dan rambut mengggunakan sabun dan shampo hingga benar-benar bersih. Tentunya moms tidak mau kan kotoran atau kuman dari kolam renang menempel di tubuh si kecil, kan?

Pastikan Baju Renang Bersih

Sama seperti poin sebelumnya, bahwa baju renang yang bersih bertujuan agar kolam renang tidak terkontaminasi dengan kotoran yang kita bawa. Hal ini dapat meminimalisir tertularnya penyakit bagi diri sendiri maupun pengunjung yang lain.

baca juga
Khawatir Tertular Penyakit di Kolam Renang Umum? Perhatikan 7 Hal Penting Ini, Moms!
Gunakan Kacamata Renang

Sebaiknya saat berenang terutama di kolam renang umum, gunakan kacamata renang ya moms. Air kolam mengandung kaporit dan banyak bakteri atau kuman di dalamnya. Kacamata renang berfungsi untuk melindungi mata agar tidak terjadi iritasi atau infeksi.

Usahakan Tidak Banyak Menelan Air Kolam

Saat berenang di kolam umum, usahakan agar anak tidak banyak menelan air kolam, moms. Jika air kolam yang telah terkontaminasi bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh, dapat menyebabkan infeksi, terutama pada saluran pencernaan.
 

Itulah beberapa cara pencegahan agar tidak mudah tertular penyakit saat berenang di kolam renang umum. Perhatikan baik-baik agar moms tidak perlu terlalu khawatir lagi berenang bersama anak. Semoga bermanfaat dan si kecil semakin sehat dengan olahraga renang secara rutin.