Olahraga Rutin

Olahraga rutin terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh moms. Ada baiknya jika kebiasaan ini sudah dilakukan sejak prasekolah. Olahraga yang dilakukan secara berkesinambungan dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Hal ini juga baik untuk anak karena dapat memicu pertumbuhan tulang dan otot.
 
Anak kecil seringkali ngemil dan suka minta nambah makanan kan, moms? Bagus sih kalau mereka makan dengan lahap. Namun jika tidak terkontrol, bisa menyebabkan risiko obesitas atau kegemukan. Olahraga rutin dapat menurunkan kelebihan berat badan serta membentuk postur tubuh ideal pada anak.
 
Untuk usia prasekolah, moms bisa kenalkan pada olahhraga yang sederhana tanpa aturan yang rumit. Fokuskan pada aktivitas yang memicu perkembangan motoriknya seperti lari, bersepeda atau bermain sepakbola.

Ini 5 Kebiasaan Sehat yang Harus Diajarkan Kepada Anak Prasekolah

Minum Banyak Air
 
Moms, air adalah hal paling dasar yang dibutuhkan tubuh agara dapat berfungsi dengan baik. Jika kekurangan air maka akan terjadi dehidrasi yang berakibat perasaan lelah dan menurunnya kamampuan berpikir jernih. Sebaiknya, anak-anak minum air putih sesuai batas minimal usia mereka. Jumlah ini tidak termasuk jumlah konsumsi susu, jus, atau minuman jenis lainnya ya, moms.
 
Jika anak melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga, minum air putih lebih banyak juga dapat mengembalikan cairan tubuh. Minum air putih juga dianjurkan karena tidak memicu obisitas sebab tidak mengandung gula layaknya minuman manis lain.
 
Kebiasaan Mencuci Tangan

Mencuci tangan secara benar merupakan cara paling efektif dalam menghilangkan kuman maupun bakteri berbahaya dari tangan kita. Penggunaan sabun dan air yang mengalir dapat melindungi diri dari risiko kuman, moms.  Gosok tangan selama 15 menit dengan sabun, perhatikan bagian punggung tangan, telapak tangan, dan juga sela-sela serta ujung jari. Setelah merata, bilas hingga bersih dan segar. Lakukan kebiasaan ini agar lingkungan terjaga kebersihannya ya, moms.

Ini 5 Kebiasaan Sehat yang Harus Diajarkan Kepada Anak Prasekolah

Makanan Sehat

Di usia 4 hingga 6 tahun, moms harus semakin memerhatikan asupan gizi anak. Pada tahapan prasekolah inilah anak menjadi lebih aktif dan rasa ingin tahunya meningkat. Maka harus dibekali makanan bergizi agar tetap bisa beraktivitas. Menurut Kementerian Kesehatan RI, angka kecukupan gizi (AKG) untuk kebutuhan energi harian anak pada usia 4-6 tahun adalah 1.600 kalori. Pastikan makanan mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin serta mineral sesuai takaran yang tepat. Selain itu, berikan camilan-camilan yang sehat jug ya, moms.

Tidur Lebih Awal

Kurang tidur bisa menyebabkan emosi yang tidak stabil, apalagi untuk anak-anak. Sering kan moms, si kecil rewel, mudah marah, hingga terus merengek tanpa kejelasan saat waktu tidur tidak cukup. Atur pola tidur secara berkala agar anak bisa membiasakan diri istirahat lebih awal.
 
Ketika tidur, otak bisa beristirahan dan mendapatkan energinya kembali saat bangun. Jadi, anak dapat dengan mudah menyerap informasi baru, berpikir, dan menyelesaikan masalah daripada ketika kondisi otak lelah. Jika anak mengalami kondisi sulit tidur, maka segera cari tahu penyebab sulit tidur dan atasi dengan tepat.
 
 
Nah moms, terlihat sederhana kan? Namun semuanya adalah aktivitas sehari-hari yang mampu menunjang kesehatan anak. Jangan sedikitpun mengabaikan. Tetap jaga kesehatan buah hati dan keluarga tercinta.