Jelang persalinan tentu moms tak hanya fokus pada perlengkapan si kecil, tapi juga kebutuhan moms. Terutama untuk mendukung beri ASI eksklusif saat si kecil lahir. Usia kehamilan yang telah masuk pada trimester ketiga, membuat Anda sudah mulai berkonsultasi tentang menyusui dan tak lupa menyiapkan produk-produk yang mendukung saat menyusui nanti. Berikut 7 produk yang wajib moms miliki saat memberikan ASI eksklusif.

1. Bra Menyusui

Jangan lupa ganti bra menyusui ya moms. Hal ini akan mempermudah moms saat menyusui si kecil. Karena modelnya yang berbeda dengan bra pada umumnya. Pada bra menyusui biasanya dapat dibuka pada bagian cup bra. Sehingga moms tak perlu repot membuka bra secara keseluruhan ketika hendak menyusui. Banyak brand-brand pakaian dalam yang sudah mengeluarkan bra menyusui, moms tinggal pilih bra yang paling cocok untuk moms.

baca juga

2. Breast Pad

Saat menyusui ada hari-hari dimana produk ASI melimpah, di luar kebutuhan si kecil. Tak jarang ASI moms akan terus merembes meski tak sedang menyusui si kecil. Sehingga jika tidak memakai breast pad membuat baju moms basah. Terutama pada bagian dada. Untuk mengatasi hal ini moms bisa menggunakan breast pad. Ada dua varian, moms bisa menggunakan breast pad sekali pakai ataupun breast pad kain yang bisa dicuci dan digunakan lagi.

3. Pompa ASI

Pompa ASI tak hanya dibutuhkan untuk mereka yang bekerja sambil beri ASI eksklusif moms. Moms yang kebetulan usai melahirkan fokus merawat si kecil di rumah juga membutuhkannya. Pompa ASI berguna saat produksi ASI melimpah, meski si kecil sudah selesai menyusu. Dari pada terbuang sia-sia moms bisa memompanya. Pompa ASI juga bantu mengeluarkan ASI, karena produksi ASI berlimpah namun sulit keluar.

Jika dibiarkan hal ini akan beresiko membuat payudara terasa keras dan dampaknya moms akan terasa tidak enak badan. Saat ini banyak produk pompa ASI, mulai dari yang manual hingga yang elektrik. Moms bisa pilih pompa ASI mana yang moms butuhkan. Jangan lupa simpan hasil ASI yang telah dipompa ditempat aman dan bisa dikonsumsi si kecil.

baca juga

4. Nipple Shield

Coba pastikan bentuk puting moms sedini mungkin. Jika puting moms termasuk yang datar atau masuk ke dalam, tentu Anda memiliki resiko sulit memberi ASI. Pada kondisi ini bukan berarti moms tidak bisa menyusui, namun moms butuh alat bantu agar puting moms dapat memberi ASI si kecil. Hal ini karena bentuk puting datar atau masuk ke dalam beresiko menyulitkan bayi saat melakukan pelekatan. Bahkan si bayi akan mengalami bingung puting.

Tapi moms tak perlu khawatir, karena ada nipple shield. Produk ini bantu si kecil saat melakukan pelekatan ke puting moms secara mudah, sehingga proses menyusu dapat berjalan dengan baik. Cara mendapatkan produk ini sangat mudah. Moms bisa membeli langsung ataupun secara online.

5. Baju Menyusui

Selain bra menyusui moms juga membutuhkan baju menyusui. Baju ini mempermudah proses menyusui karena biasanya memiliki kancing atau resleting pada bagian depan. Jadi coba buka lemari moms siapkan baju-baju yang memiliki kancing atau resleting depan ya. Jika dirasa tak cukup banyak moms bisa mulai atur waktu untuk berbelanja dengan Ayah. Dan kalau harus beli online, jangan lupa baca deskiripsi apakah baju tersebut masuk dalam kategori busui friendly atau tidak.

6. Bantal Menyusui

Saat proses menyusui, moms dan bayi harus rileks. Jangan lupa cara meletakkan si kecil juga harus benar. Pastikan mulut bayi tepat di depan aerola moms. Posisi tepat juga dapat menghindari terjadinya gumoh atau refluks pada bayi. Untuk itu moms wajib menyangga si kecil secara benar. Untuk bertahan dalam posisi ini tentu moms butuh alat bantu seperti bantal menyusui. Hal ini tak hanya untuk mendukung peletakkan bayi, tapi juga menghindari rasa pegal pada tubuh moms terutama pada bagian bahu, punggung hingga leher.

6. Bantal Menyusui

7. Nursing Cover

Produk selanjutnya yang moms butuhkan untuk dukung menyusui adalah nursing cover. Kain penutup ini berfungsi memberikan privasi saat moms menyusui si kecil di tempat umum. Ada banyak produk nursing cover, yang paling penting moms harus tahu bahannya. Bahan halus dan tidak terlalu tebal bisa jadi pilihan. Agar si kecil tidak kepanasan saat proses menyusu.