Penyebab Penurunan Daya Baterai Smartphone

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan rutin sebenarnya menjadi penyebab penurunan dari daya baterai smartphone. Pasalnya, kapasitas baterai pasti menurun seiring bertambahnya usia pemakaian. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperpanjang usia baterai. Jika kamu pernah bertanya-tanya apa cara terbaik untuk mengisi daya baterai smartphone, berikut adalah beberapa kiat yang telah terbukti secara ilmiah untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

Kenapa Baterai Smartphone Mudah Bocor? Ikuti 3 Langkah Ini Agar Tahan Lama
source: https://apkspin.com/


1. Ketahui Waktu Mengisi Baterai

Pastikan untuk selalu menjaga baterai terisi sekitar 50-100% untuk melakukan aktivitas berat. Saat mulai berada di bawah 50% pastikan untuk menghindari kebiasaan menonton video atau jika ingin menonton, isi dahulu baterai hingga berada di atas 50%. Akan tetapi pastikan untuk segera mencabut pengisian baterai sebelum baterai terisi 100% atau saat baterai tepat 100%. Hindari meninggalkan smartphone yang sedang di-charger tanpa diawasi. Itu sebabnya Mommy juga sangat tidak dianjurkan untuk mengisi baterai saat tidur. tambahkan ketika turun di bawah 50%, tetapi cabut sebelum mencapai 100%. Karena alasan ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membiarkannya terpasang dalam semalam. Pasalnya, mengisi ulang daya secara penuh setiap kali mengisi daya akan mempersingkat masa pakainya.

Kenapa Baterai Smartphone Mudah Bocor? Ikuti 3 Langkah Ini Agar Tahan Lama
source: https://www.sciencealert.com/
baca juga


2. Baterai Tidak Harus Diisi Hingga 100%

Baterai smartphone tidak diharuskan untuk selalu mencapai daya 100%. Para ahli merekomendasikan agar mengisi ulang baterai nol hingga 100 persen penuh sebulan sekali. Ini berguna untuk mengkalibrasi ulang baterai, dengan konsep yang agak mirip dengan memulai ulang komputer.

Kenapa Baterai Smartphone Mudah Bocor? Ikuti 3 Langkah Ini Agar Tahan Lama
source: https://www.businessinsider.com/


3. Hindari Penggunaan Power Bank

Kebanyakan orang sangat mengandalkan power bank untuk mengisi ulang daya smartphone dimana pun dan kapan pun. Namun, upayakan untuk menghindari hal ini karena berisiko merusak daya baterai dari smartphone itu sendiri. Pasalnya, pengisi daya atau charger yang disediakan memiliki kualitas kapasitas yang benar-benar sebanding dengan smartphone-mu. Jadi, jika tidak mendesak, hindari penggunaan power bank.

Kenapa Baterai Smartphone Mudah Bocor? Ikuti 3 Langkah Ini Agar Tahan Lama
source: https://blog.psafe.com/


Secara umum, daya baterai smartphone akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Namun, dengan perawatan dan penggunaan yang tepat, baterai smartphone akan lebih tahan lama.