Keseleo Pergelangan

Pertolongan Pertama Saat Anak Alami Keseleo Pergelangan Kaki, Ini Cara Merawatnya
source: https://www.babycenter.com/

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pergelangan kaki sangat sering mengalami keseleo karena sakit karena peregangan atau robeknya ligamen, jaringan yang menghubungkan tulang-tulang di pergelangan kaki. Nah, keseleo pergelangan kaki mungkin membutuhkan beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk sembuh. Meskipun begitu, si kecil dapat sembuh lebih cepat dan kembali beraktivitas normal dengan perawatan rumah yang baik.


Perawatan Keseleo di Rumah

1. Saat anak mengalami keseleo di bagian kaki, pastikan untuk selalu memposisikan kaki anak di atas bantal selama 3 hari awal. Usahakan untuk menjaga pergelangan kaki berada di posisi satu tingkat di atas jantungnya. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan.

baca juga

2. Dokter mungkin memberi perban atau tindakan lain sesuai dengan kondisi keparahan keseleo pada pergelangan kakinya untuk melindungi pergelangan kaki sampai sembuh. Jangan dilepaskan kecuali dokter memberi tahu untuk melepasnya. Setelah pergelangan kaki mulai sembuh, tanyakan kepada dokter kapan anak mulai bisa melakukan aktivitas olahraga lagi.

3. Selama masa pemulihan, kompres bagian yang keseleo dengan menggunakan es batu atau air dingin. Lakukan ini sesering mungkin selama 10 hingga 20 menit setiap kalinya. Jangan lupa juga untuk meletakkan kain tipis di antara kompres es dan kulit anak. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri yang dirasakan anak.

baca juga

4. Jika si kecil diberikan perban elastis oleh dokter, gunakan terus selama 24 hingga 36 jam. Pastikan perban harus dipasang dalam gulungan yang pas, tetapi tidak terlalu kencang sehingga menyebabkan mati rasa atau kesemutan. Untuk membungkus kembali pergelangan kaki, mulailah dari jari-jari kaki dan lilitkan di sekitar pergelangan kaki dengan pola angka delapan, dan berakhir 8 hingga 10 sentimeter di atas pergelangan kaki.

5. Jika dokter menyarankan si kecil untuk menggunakan tongkat atau kruk untuk membantunya berjalan, pastikan bahwa si kecil perlahan harus mencoba menahan beban pada pergelangan kaki yang terluka. Ingat, ini dilakukan dengan perlahan hingga ia dapat melakukannya tanpa rasa sakit. Langka yang satu ini dapat membantu menyembuhkan pergelangan kaki lebih cepat.

6. Mintalah resep obat penghilang rasa sakit untuk anak. Jika dokter memberi si kecil obat resep untuk mengatasi rasa sakit, berikan obat pada si kecil sesuai resep. Namun, jika dokter tidak memberikan resepnya, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter apakah si kecil dapat minum obat bebas.

7. Terakhir, pastikan si kecil selalu mendapatkan latihan pergelangan kaki di rumah. Latihan ini penting untuk mengembalikan kembali kekuatan dan kemampuan bergerak anak. Selain itu, dengan berlatih, ia dapat meningkatkan percepatan penyembuhan dan membantu mencegah ligamen yang lemah yang berlangsung lama.

Pertolongan Pertama Saat Anak Alami Keseleo Pergelangan Kaki, Ini Cara Merawatnya
source: https://www.checkupnewsroom.com/


Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan saat merawat anak yang sedang mengalami keseleo pada pergelangan kaki. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms!