Dampak Membentak Anak

Bentakan kerap menjadi salah satu bagian dari cara orangtua zaman dulu mendisiplinkan anak. Sayangnya, cara ini ternyata sama sekali tidak efektif dalam menyampaikan pesan dan nasihat pada anak. Sebaliknya, bentakan malah akan membuat mereka tune out dan sulit untuk didisiplinkan.

Kelepasan Membentak Anak? Ini Dia yang Harus Mommy Lakukan
source: https://www.healthline.com/

Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa berteriak dapat membuat anak lebih agresif, secara fisik dan verbal. Berteriak atau membentak, apa pun konteksnya, adalah ekspresi kemarahan. Hal ini tentu akan membuat anak-anak ketakutan dan membuat mereka merasa tidak aman. Akibatnya, ia mungkin akan takut padamu, tapi tidak pasti dia akan menghormati dan mendengarkan ucapanmu.

Tidak hanya itu, membentak anak-anak bukanlah cara yang baik untuk memberikan penekanan pada sebuah pesan. Penelitan lain juga telah membuktikan bahwa membentak dan berteriak terbukti memiliki efek jangka panjang, seperti munculnya kecemasan, harga diri rendah, dan peningkatan agresi. Sering dibentak juga membuat anak-anak lebih rentan terhadap intimidasi karena pemahaman mereka tentang harga diri menjadi tidak seimbang.

Kelepasan Membentak Anak? Ini Dia yang Harus Mommy Lakukan
source: https://www.newsapi.com.au
baca juga


Cara Mengurangi Kebiasaan Membentak

Sebagai orangtua, Mommy juga harus belajar untuk bisa lebih sabar dan menahan diri saat sedang mendidik si kecil. Ketika emosi mulai memuncak, ada baiknya Mommy segera untuk berdiam diri sejenak. Emosi yang memuncak akan memperburuk suasana. Jadi ada baiknya untuk menenangkan diri sebentar. Setelah itu, barulah melakukan komunikasi pada anak mengenai apa yang harus dan tidak boleh dilakukannya. Jika anak masih sulit diatur, tegaslah dengan memberinya hukuman yang jelas dan sesuai dengan kesalahannya. Hindari membentak apalagi menghukum secara fisik.

Kelepasan Membentak Anak? Ini Dia yang Harus Mommy Lakukan
source: https://www.healthline.com/


Yang Harus Dilakukan Saat Terlanjur Membentak Anak

Tidak peduli seberapa bagus strategi Mommy dalam mencegahan teriakan dan bentakan pada anak, terkadang akan sulit untuk menghindari nada tinggi dan keras saat anak sudah sangat sulit diatur. Tapi jangan khawatir, segeralah meminta maaf. Momen itu juga akan menjadi waktu yang baik untuk belajar bagi ibu dan anak di mana semua orang membuat kesalahan dan siapa pun itu perlu meminta maaf.

Kelepasan Membentak Anak? Ini Dia yang Harus Mommy Lakukan
source: https://www.verywellfamily.com/

Yang pasti, selalu katakan maaf jika Mommy tanpa sadar membentak dan berteriak pada anak. Kemudian, ajaklah anak untuk berbicara agar pesan sesungguhnya dapat disampaikan dengan lebih maksimal. 

Jika anak-anak juga ikut mencontoh membentak dan berteriak, ingatkan mereka tentang batasan dan bagaimana berteriak bukanlah cara komunikasi yang efektif. Mereka perlu tahu bahwa Mommy siap mendengarkan saat mereka berbicara dengan baik dan menunjukkan rasa hormat saat bicara.