1. Tetapkan Batasan

Dalam menjalani hubungan antara suami dan istri, kedua pihak berhak untuk merasa bahagia dan aman dalam rumah tangga. Itu sebabnya penting untuk menetapkan batasan yang kuat dalam interaksi antar pasangan. Menetapkan batas yang jelas akan membantu kedua pasangan untuk bisa saling menghormati, menghargai dan menciptakan hubungan yang lebih sehat. Batasan ini berupa nada bicara, pemilihan kata saat bicara, hingga tindakan yang dilakukan. Jika pasanganmu melewati batas ini, jangan ragu untuk meninggalkan percakapan; ruangan; atau bahkan keluar dari rumah.

Cegah Kekerasan Fisik, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Pemarah dan Emosional
source: https://www.donnabarnes.com/


2. Tetap Tenang

Menjaga kondisi emosi sendiri tetap tenang dan stabil saat emosi meledak-ledak memang bukanlah hal yang mudah. Namun, cobalah bertahan untuk tetap menjaga emosi demi kebaikanmu dan pasangan. Walaupun begitu, Mommy juga tetap memiliki hak untuk merasa marah dengan sikap emosional mereka, tetapi umumnya lebih baik mengambil langkah yang lebih dewasa untuk tetap tenang dan pergi jika memang sudah tidak sanggup menghadapinya. Setelah kondisi lebih tenang siapkan diri untuk melakukan percakapan yang lebih serius.

Cegah Kekerasan Fisik, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Pemarah dan Emosional
source: https://lindaklaffey.com/
baca juga


3. Cobalah Untuk Terbuka

Menghadapi pasangan yang emosional membutuhkan pikiran yang lebih dewasa dan terbuka. Pasalnya, sikap emosional yang dimilikinya tentu berdampak dari masalah yang dihadapinya dalam mengelola emosi. Dibandingkan dengan menyerang atau meyudutkan pasanganmu, cobalah untuk mendekatinya perlahan dan cari tahu apa yang menyebabkannya seperti itu. Pahami juga bahwa ada banyak alasan yang menimbulkan emosi berlebihan, mulai dari pola pengasuhan mereka, hubungan masa lalu, stres, masalah yang tidak terselesaikan, dan masih banyak lagi.

Cegah Kekerasan Fisik, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Pemarah dan Emosional
source: https://1079thelink.radio.com/


4. Jangan Tersinggung

Salah satu hal yang paling penting untuk diketahui ketika pasangan emosional secara tidak rasional, kemungkinan itu terjadi tidak ada hubungannya denganmu. Hal ini memang cenderung sulit dilakukan karena kebanyakan orang akan cenderung terbawa dengan kemarahan mereka. Ingat, apa pun sumber kemarahan pasanganmu, ini tidak ada hubungannya denganmu. Dengan menjaga hati tidak mudah tersinggung, Mommy akan lebih mudah untuk menjaga hubungan dengan pasangan yang emosional.

Cegah Kekerasan Fisik, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Pemarah dan Emosional
source: https://www.focusonthefamily.com/
baca juga


5. Pertimbangkan Konseling

Terakhir, pertimbangkan konseling untuk mengetahui kondisi hubunganmu dengan pasangan yang emosional sebelum perilakunya semakin terlalu jauh. Pasanganmu juga perlu mengevaluasi penyebab amarahnya yang selama ini meledak-ledak dengan bantuan seorang profesional. Dengan berkonsultasi, Mommy dan pasangan juga dapat mengenali dampak yang ditimbulkan oleh ledakan emosi terhadap keluarga. 

Cegah Kekerasan Fisik, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Pemarah dan Emosional
source: https://www.thrivetalk.com/


Sebelum melakukan salah satu tips ini, sangat penting bagi Mommy untuk memperhatikan keamananmu. Keamanan dan kebahagiaanmu sendiri harus didahulukan. Batasan emosi dalam hubunganmu dengan pasangan perlu dipertegas untuk menghindari potensi membahayakan, khususnya mendapatkan kekerasan fisik.