1. Bangun Empati Pada Mertua

Bingung Menghadapi Mertua yang Selalu Ikut Campur, Coba 5 Langkah Ini
source: https://relationshipscope.com/

Bagaimana pun sifat dan karakter dari mertuamu, itu semua pasti muncul karena satu alasan. Perilaku tidak menyenangkan dan kecenderungan untuk ikut campur dalam rumah tangga anak dapat terjadi akibat perasaan kehilangan pada kehidupan anaknya. Sebuah hal yang wajar bagi seorang ibu saat merasa bahwa "bayi" mereka tidak lagi bayi dan ia kini memiliki wanita lain yang akan mendampingi dan mengurusnya. Ketahui juga bahwa kamu mungkin akan merasakannya dalam 25-30 tahun ke depan. Dengan begitu, kecenderungan untuk memperburuk hubungan perlahan mereda.


2. Diskusikan Perilaku Mertua dengan Pasanganmu, Jangan Menilai Karakternya

Bingung Menghadapi Mertua yang Selalu Ikut Campur, Coba 5 Langkah Ini
source: https://alexandra.bridestory.com/

Sadarilah bahwa tujuanmu adalah membangun hubungan yang sehat dan baik dengan mertua. Apa pun dan bagaimana pun sifat serta perilaku mereka padamu, tetaplah arahkan diskusi yang membangun dan solutif. Kamu sangat disarankan untuk mendiskusikan ini dengan pasanganmu. Ia mungkin lebih tahu bagaimana cara untuk menahan keinginan ibunya untuk terus mengatur dan ikut campur urusan rumah tangga anaknya. Namun, hindari menilai perilaku mertua atau menyudutkan dengan sifat-sifat buruk karena itu akan menimbulkan sudut padang yang negatif dan kebencian sejak awal.

baca juga


3. Jangan Mulai Perkelahian, Tetapi Petahankan Posisimu

Bingung Menghadapi Mertua yang Selalu Ikut Campur, Coba 5 Langkah Ini
source: https://www.liveabout.com/

Sadarilah bahwa kamu dan pasangan adalah orang dewasa yang sudah cukup dewasa untuk menentukan sendiri segala keputusan dalam menjalani kehidupan. Mulai dari kapan akan memiliki anak, kemana akan pergi berlibur, dimana lokasi rumah yang akan dibeli, dan lain sebagainya. Jika ini berbeda dengan aturan dan saran yang diberikan mertua, pastikan kamu tidak melawannya karena ini dapat memulai masalah dan perkelahian. Sebaliknya, upayakan untuk mempertahankan posisimu dengan cara yang baik.


4. Selalu Hormati Mertuamu Sebagaimana Ibumu Sendiri

Bingung Menghadapi Mertua yang Selalu Ikut Campur, Coba 5 Langkah Ini
source: https://www.all4women.co.za/

Sama seperti manusia pada umumnya, seorang ibu dapat melakukan kesalahan dan kekeliruan. Mereka juga memiliki emosi dan perasaan tertentu yang dapat membuatnya memiliki kecenderungan untuk melakukan hal yang tidak menyenangkan, termasuk ikut campur dengan rumah tangga anak. Namun, penting bagi kamu untuk paham bahwa apa pun yang dilakukannya, pastikan untuk selalu menghormatinya. Menghormati ini bukan berarti mematuhi atau menuruti keinginannya, melainkan dengan mendengarkan dengan baik dan menjelaskan alternatif pilihanmu dan pasanganmu.

baca juga


5. Selalu Tenangkan Diri dan Berterima Kasih

Bingung Menghadapi Mertua yang Selalu Ikut Campur, Coba 5 Langkah Ini
source: https://www.onlineastrologyconsultancy.com/

Terakhir, tidak bisa dipungkiri bahwa masa-masa yang paling menjengkelkan dalam menjalani rumah tangga adalah saat harus mendengarkan dan menghadapi mertua yang terus meracau dengan pembicaraan yang berulang. Namun, apapun perbedaan kalian, pahami juga bahwa kalian sebenarnya memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama mencintai satu orang yang sama. Jadikanlah itu motivasi untuk selalu berbuat baik dengannya. Jangan lupa untuk berterima kasih pada mertuamu karena telah melahirkan dan membesarkan anaknya yang kini menjadi suamimu. Dengan begitu, masalah-masalah dengan mertua akan lebih terminimalisir.