Diare Pada Anak

Anak memiliki daya tahan tubuh yang masih rendah. Maka tidak salah jika si kecil seringkali mengalami gangguan. Baik pencernaan maupun pernapasan. Hal yang seringkali terjadi adalah penyakit diare yang biasanya dipengaruhi oleh makanan. 

Diare Pada Anak

Dalam keadaan genting, tidak sedikit orang tua atau mommies panik jika anak terserang diare. Seketika buru-buru dibawa ke dokter dan akhirnya diberikan obat diare. Sebenarnya jika belum terlalu urgent, diare dapat diatasi dengan beberapa obat medis dan bahan alami berikut moms. 

Cairan Oralit

Sebagaimana orang dewasa, hal yang seringkali dikhawatirkan jika mengalami diare adalah cairan dalam tubuh menurun. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Nah moms, memberikan cairan oralit pada anak juga perlu dilakukan jika si kecil terserang diare. Pemberian cairan ini dapat diberikan ketika feses anak mulai mencair atau bahkan sebagian besar mengandung air. Dan diberikan setiap setelah BAB moms. 

Cairan Oralit

Cairan oralit terbuat dari gula, garam dan air. Obat oralit ini dapat ditemukan di apotek sebagai obat diare untuk anak. Cara pembuatannya pun mudah, biasanya tercantum di kemasan oralit tersebut moms.

baca juga

Suplemen zinc

Suplemen zinc dikenal sebagai obat yang dapat membantu mengurangi gejala diare moms. Menurut beberapa referensi, pemberian suplemen zinc dan obat anti peradangan dapat mengurangi lamanya gejala diare. Sehingga diare akan segera teratasi dan kembali normal. 

Suplemen zinc

Pisang

Siapa yang tidak kenal buah pisang? Buah yang dikenal sebagai pelancar pencernaan ini ternyata memiliki kandungan lain yang dapat mengatasi diare moms. Bagi bayi yang sudah MPASI, dapat diberikan buah pisang untuk mwmbantu mengatasi gejala diare 

Pisang

Adapun kandungan pisang yang beemanfaat untuk diare adalah pektin. Pektin pada pisang ini berfungsi membuat tekstur feses jadi lebih padat. Tidak lupa juga kandungan karbohidrat dalam pisang bisa menambah energi ketika si kecil terlihat lemas akibat buang air terus-menerus.

baca juga

Apel

Jus apel atau apel yang dihaluskan tanpa air ternyata dapat membantu mengurangi gejala diare. Salah satunya adalah berkurangnya energi dalam tubuh. Buah apel ini dapat menjadi sumber energi tubuh saat diare menyerang anak Anda. Apel juga punya kandungan pektin yang membantu memadatkan feses anak. Tentunya sesuaikan kebutuhan konsumsi anak moms. Karena hal ini mempengaruhi perkembangan si kecil.

Apel