Menggunakan pelembab sangat penting demi menjadi kesehatan kulit wajah. Dengan menggunakan pelembab wajah, masalah kulit kering pun bisa teraratasi. Selain itu, manfaat pelembab wajah yakni bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV, mencerahkan kulit, mengatasi komedo, menjaga keelastisitasan kulit, dan lain-lain. Namun, pelembab wajah tidak akan bekerja dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena moms yang salah dalam penggunaan pelembab wajah. 

Pelembab Tidak Sesuai Jenis Kulit

Kesalahan pertama adalah pelembab yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit moms. Meskipun pelembab yang moms gunakan berkualitas baik dan bekerja dengan baik di kulit orang lain, bukan berarti pelembab itu juga akan bekerja dengan baik di kulit moms. Terlebih dahulu, mengenali jenis kulit diri sendiri juga penting. Pastikan apakah kulit kering, berminyak, kombinasi, atau normal.

Pelembab yang mengandung asam hialuronat dan ceramida sangat cocok untuk jenis kulit kering. Untuk yang memiliki kulit berminyak sebaiknya hindari pelembab yang mengandung bahan petrolatum, alkohol, atau minyak berat, karena bisa menimbulkan jerawat. Sangat wajib mencari tahu tentang kandungan pelembab wajah.

Pelembab Tidak Sesuai Jenis Kulit
baca juga

Tidak Melakukan Eksfoliasi Kulit

Tidak melakukan eksfoliasi kulit sebelum memakai pelembab adalah kesalahan besar. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan eksfoliasi dengan cara scrubbing wajah, sehingga sel kulit mati terangkat dan tidak menumpuk. Pelembab yang dioleskan ke wajah yang sudah dieksfoliasi pun akan menyerap ke kulit dengan baik.  

Tidak Melakukan Eksfoliasi Kulit

Menggunakan Pelembab Saat Kondisi Kulit Kering

Pelembab tidak akan bekerja dengan baik pada kulit jika moms mengaplikasikannya saat kondisi kulit sedang kering. Sebaiknya cuci muka sebelum menggunakan pelembab wajah, setelah itu langsung aplikasikan pelembab wajah.
 

Menggunakan Pelembab Saat Kondisi Kulit Kering
baca juga

Langsung Menggunakan Makeup

Jangan langsung gunakan makeup setelah menggunakan pelembab. Moms mungkin mengejar waktu, tapi hal tersebut akan menjadi kesalahan fatal, dan pelembab pun tidak akan berefek pada wajah. Bahkan kandungan baik pelembab akan tercampur dengan zat kimia pada makeup, sehingga pelembab tidak akan menutrisi kulit. Sebaiknya gunakan makeup sekitar 10-15 menit setelah menggunaan pelembab hingga pelembab menyerap kulit.

Langsung Menggunakan Makeup

Tidak Rutin Menggunakan Pelembab

Menggunakan pelembab memang tidak boleh terlalu berlebih, tetapi penggunaan pelembab yang tidak rutin atau tidak konsisten adalah sebuah kesalahan. Pelembab wajah tidak hanya digunakan pada saat keluar rumah saja, saat berada di dalam rumah pun moms harus tetap menggunakan pelembab agar kulit selalu ternutrisi, ya.

Tidak Rutin Menggunakan Pelembab