Penyakit Amandel

Radang amandel atau tostilitis merupakan keadaan dimana penderita mengalami sakit pada tenggorokan. Biasanya disertai dengan demam dan sakit di tenggorokan terutama saat menelan makanan. Selain memberikan makanan yang lembut, moms juga perlu memberikan beberapa obat alami berikut agar membaik. Nah moms berikut beberapa bahan dan tips untuk mengobati amandel tanpa operasi, simak baik-baik yaa!

Penyakit Amandel

Jeruk Nipis

Siapa sangka jeruk nipis yang terasa sangat asam ini mampu mengobati amandel? Kandungan vitamin C dan antibakteri pada jeruk nipis mampu mengatasi masalah amandel moms. Seringkali penyebab terjadinya penyakit amandel disebabkan karena bakteri atau virus yang menyerang daya tahan tubuh. 

Jeruk Nipis

Cara pembuatannya pun mudah moms, kamu hanya perlu membuat ramuan jeruk nipis dengan air ditambah dengan daun sirih. Konsumsi minuman ini hingga bengkak pada amandel kamu berkurang moms. Tentunya dikonsumsi secara rutin ya moms!

baca juga

Mengkudu dan Madu

Mengkudu selain untuk mengatur gula darah dalam tubuh ternyata mampu mengatasi masalah amandel lho moms. Kandungan anti bakteri pada mengkudu mampu mengatasi masalah amandel yang mengganggu. Kandungan antrakuinon, acubin, dan alizarin dalam buah mengkudu dipercaya mampu mengatasi radang amandel. 

Mengkudu dan Madu

Cara membuatnya pun sangat mudah moms. Ambil 2 buah mengkudu, cuci bersih kemudian parut buah tersebut hingga menghasilkan sarinya. Selanjutnya campurkan air hangat dan madu agar tidak terlalu pahit. Namun jika tidak memiliki madu, kamu bisa mengkonsumsinya tanpa madu moms. Tentunya konsumsi secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal ya moms!

Kulit Manggis

Kulit manggis yang biasa kita buang juga bisa mengatasi penyakit amandel lho, moms. Kulit manggis kaya akan antioksidan sehingga baik untuk menunjang imunitas tubuh. Selain itu, kandungan anti bakteri dan anti peradangan dalam kulit manggis membantu mengatasi masalah amandel yang mengganggu.

Kulit Manggis

Cara membuatnya juga sangat mudah moms, cuci bersih kulit manggis kemudian rebus hingga mendidih. Matikan kompor kemudian tunggu hingga ramuan tersebut menjadi hangat. Setelah itu, konsumsi ramuan ini secara rutin dan rasakan khasiatnya moms. Selamat mencoba!