Pembawa Baki Berhijab

Tidak bisa dipungkiri, anggota paskibraka yang bertugas membawa baki selalu menjadi pusat perhatian publik. Tahun ini Salma berkesempatan menjadi sebagai pembawa baki pada upacara pengibaran bendera merah putih di upacara bendera saat peringatan HUT RI ke-74 di Istana. Sebagai salah satu dari anggota Tim Merah Paskibraka 2019, Salma pun memperoleh kehormatan menerima langsung bendera pusaka dari Presiden Joko Widodo untuk dikibarkan.

Mengenal Salma El Mutafaqqiha, Paskibraka Berhijab Pembawa Baki di HUT RI ke-74
source: https://www.kumparan.com/

Selanjutnya, bendera pusaka yang sudah diserahkan oleh Presiden diserahkan pada tim pengibar yang juga merupakan bagian dari Kelompok Merah. Tim pengibar itu sendiri terdiri dari Rayhan Alfaro Ferdinan Siregar (Paskibraka Nasional 2019 DKI Jakarta), Rafi Ahmad Falah (Banten), dan Rangga Wirabrata Mahardika (Jawa Barat).


Perwakilan dari Jawa Tengah

Salma adalah salah satu perwakilan dari Jawa Tengah yang mendapatkan kesempatan untuk lolos ke Istana dan menjadi bagian dari petugas paskibraka. Gadis yang lahir di Malang, 16 Desember 2002 ini berasal dari SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, Jawa Tengah. Perlu diketahui, untuk bisa lolos seleksi hingga Jakarta memerlukan tahapan dan perjuangan yang tidak mudah. Bahkan, setelah terpilih pun ia terus harus berlatih di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga yang dikelola oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di Cibubur, Jakarta Timur.

Mengenal Salma El Mutafaqqiha, Paskibraka Berhijab Pembawa Baki di HUT RI ke-74
source: https://www.kumparan.com/
baca juga


Berlatih Keras Menjadi Pembawa Baki

Selain itu, Salma sendiri memang sudah sering berlatih menjadi petugas pembawa baki untuk acara-acara pengibaran bendera. Siapa sangka, kerja keras Salma selama ini membuahkan hasil, ia benar-benar tampil menawan, anggun, dan berwibawa saat membawa baki di upacara pengibaran bendera di Istana Negara. Sebagai salah satu dari 68 anggota paskibraka yang dipilih secara selektif dari 34 provinsi di Indonesia Salma mengaku sangat bersyukur bisa terpilih menjadi petugas pembawa baki.

Mengenal Salma El Mutafaqqiha, Paskibraka Berhijab Pembawa Baki di HUT RI ke-74
source: https://www.solopos.com/


Bercita-Cita Menjadi Pilot TNI

Bahkan, dibalik kepiawaiannya saat menjalankan tugas sebagai pembawa baki di Istana, Salma ternyata bercita-cita menjadi seorang pilot di TNI Angkatan Udara. Ia dapat menjadi salah satu sosok wanita muda yang bercita-cita besar. Tekadnya yang besar dan kedisiplinannya selama menjalani tugas sebagai pembawa baki dapat mencerminkan bagaimana sosok Salma sebagai perempuan Indonesia yang kuat dan berani.

Mengenal Salma El Mutafaqqiha, Paskibraka Berhijab Pembawa Baki di HUT RI ke-74
source: https://news.detik.com


Nah, itulah profil Salma El Mutafaqqiha, si cantik pembawa baki berhijab di upacaya pengibaran bendera HUT RI ke-74 di Istana.