Kacang kola berasal dari tumbuhan di Afrika yakni buah pohon Cola Vera, Cola Acuminata, atau Cola Nitida. Kacang kola merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang biasanya dijadikan bahan dasar untuk membuat soft drink. Hal tersebut dikarenakan kacang kola memiliki rasa yang khas. Kacang kola memberikan rasa pahit diawal moms mengunyahnya, namun lama-kelamaan rasa berubah menjadi manis. Tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar membuat soft drink, kacang kola juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, moms.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kacang kola mengandung kafein yang berfungsi untuk merangsang denyut jantung, serta ekstrak biji kola mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Setelah mengonsumsi kacang kola, metabolisme akan kembali normal karena kacang-kacangan ini akan memberikan efek fisiologis positif dan enzimatik bagi tubuh.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh
baca juga

Mengatasi Masalah Pencernaan

Berbagai masalah pencernaan bisa teratasi dengan kacang kola seperti sembelit, serta masalah kram perut, kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Hal itu dikarenakan kacang kola memiliki bahan aktif yang akan menyerap nutrisi dengan baik sehingga masalah pencernaan bisa teratasi.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Sebagai Sumber Energi

Selain metabolisme yang akan terjaga setelah mengonsumsi kacang kola, kelelahan pun juga bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang kola. Kacang kola menjadi sumber energi yang baik karena mengandung kafein, sehingga akan menjaga stamina tubuh dalam jangka panjang. Penyakit yang menyebabkan energi tubuh berkurang seperti asma dan bronchitis juga bisa diatasi karena terdapat kandungan teofilin pada kacang kola.

Sebagai Sumber Energi
baca juga

Menurunkan Berat Badan

Moms bisa lho menjadikan kacang kola sebagai menu diet, karena kacang kola memiliki manfaat menurunkan berat badan. Kafein dalam kacang kola berfungsi mengontrol nafsu makan, dan ekstrak biji kacang kola akan membantu membakar lemak. Selain itu, kacang kola akan melindungi metabolisme dan memberikan energi saat moms berdiet.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain kafein, kacang kola mengandung thebromine yang berfungsi untuk melebarkan pembulu darah, menurunkan tekanan darah dalam paru-paru. Penyakit lainnya seperti rematik, hepatitis, dan infeksi saluran kemih pun bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang kola.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi