1. Biasakan untuk Menyebut Anugerah yang Ada

Ajarkan anak rasa syukur dengan mulai membuatnya peka terhadap segala anugerah dan kebaikan yang sudah dimilikinya. Biasakan untuk selalu menyebutkan apa saja hal-hal yang harus disyukuri setiap harinya. Mulai dari saat bangun tidur, ajarkan anak untuk bersyukur karena sudah bisa tidur nyenyak di tempat tidur nyaman beratap rumah. Dilanjutkan dengan mensyukuri makanan yang bisa dia makan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Tekankan bahwa kita semua harus bersyukur karena hal-hal terkesan sepele seperti itu ternyata berarti bagi banyak orang.

Cara Mengajarkan Anak Untuk Lebih Bersyukur, Coba 5 Langkah Ini, Moms
source: https://www.todaysparent.com


2. Jadilah Orang Tua yang Bersyukur

Tidak ada yang lebih baik daripada mencontohkan rasa syukur pada anak atas segala anugerah dan kebaikan yang telah dimiliki. Salah satunya adalah dengan mensyukuri kehadiran mereka dalam hidupmu. Katakan pada anak-anak bahwa mereka adalah bagian terpenting yang lebih membahagiakan dan utama dibandingkan dengan hal-hal material lain. Ini mengajarkan bagaimana kasih sayang, kebersamaan, dan keharmonisan keluarga dapat menjadi sumber bahagia yang tidak terhingga. 

Cara Mengajarkan Anak Untuk Lebih Bersyukur, Coba 5 Langkah Ini, Moms
source: https://www.markmerrill.com/
baca juga


3. Tampilkan Realita kehidupan

Sangat mudah untuk hidup dalam bubble yang diciptakan oleh media. Dunia media sosial di mana anak-anak melihat bagaimana idealnya kehidupan orang lain dibalik layar dapat menimbulkan kekecewaan atas ketidaksempurnaan hidup yang dimilikinya. Itulah sebabnya, Mommy harus memperkenalkan anak dengan realita kehidupan yang sebenarnya. Jangan sampai ia hanya melihat dunia melalui media yang sebenarnya menyembunyikan banyak hal. Membawanya ikut berkunjung ke panti asuhan dapat memberikannya sudut pandang baru mengenai kehidupan ini.

Cara Mengajarkan Anak Untuk Lebih Bersyukur, Coba 5 Langkah Ini, Moms
source: https://www.sitycare.com/


4. Jangan Memanjakan Anak

Memanjakan anak secara berlebihan dapat membuat anak selalu menginginkan hal yang lebih. Anak-anak yang memiliki lebih banyak barang daripada apa yang sebenarnya mereka butuhkan cenderung kehilangan apresiasi terhadap hal-hal kecil. Itu sebabnya, penting bagi orangtua untuk membatasi pemberian barang yang berlebihan dan membiasakannya bersyukur atas hal-hal kecil yang dimiliki.

Cara Mengajarkan Anak Untuk Lebih Bersyukur, Coba 5 Langkah Ini, Moms
source: https://www.stewardship.com/
baca juga


5. Ajarkan Anak untuk Berusaha

Ketika anak-anak kehilangan selalu mendapatkan keinginannya dengan mudah, ini akan menghilangkan apresiasinya terhadap banyak hal. Ia cenderung akan membuatnya menggampangkan segala sesuatu di mana ia tidak perlu untuk berusaha agar bisa mendapatkannya. Itulah sebabnya, membangun hubungan hadiah dengan usaha adalah pendidikan dasar yang harus Mommy berikan sejak dini. Biarkan anak melakukan usahanya sebelum mendapatkan apa yang diinginkan. 

Cara Mengajarkan Anak Untuk Lebih Bersyukur, Coba 5 Langkah Ini, Moms
source: http://momblogmagazine.com/


Mengajarkan anak untuk bersyukur adalah salah satu bagian penting untuk membentuk kepribadian anak yang rendah hati. Semoga tips ini bermanfaat, ya!