Seorang Ibu Mendapat Obat Kadaluarsa

Ibu Hamil Konsumsi Obat Kedaluwarsa Dari Puskesmas, Apa Bahayanya?
source: https://www.premierhealth.com/

Tidak pernah terpikir sebelumnya di benak Novi Sri Wahyuni (21) akan mendapatkan obat kadaluarsa dari Puskesmas tempat ia memeriksakan kandungannya. Saat ia melakukan kontrol kandungan di Puskesmas Kamal Muara, Selasa, 13 Agustus 2019 lalu, Novi mendapatkan tiga strip obat jenis vitamin B6 dan beberapa obat-obatan lain dari pihak Puskesmas. Sayangnya, setelah mulai rutin mengonsumsi obat-obatan tersebut, ia mengaku merasakan banyak gejala yang tak wajar.


Gejala yang Dirasakan Setelah Mengonsumsi Obat Kadaluarsa

Ibu Hamil Konsumsi Obat Kedaluwarsa Dari Puskesmas, Apa Bahayanya?
source: http://www.agoramedia.com/

Dalam wawancara bersama CNN Indonesia, Novi mengaku merasakan beberapa keluhan setelah mulai mengonsumsi obat-obatan kadaluarsa tersebut. Mulai dari pusing, mual, muntah, sakit perut, serta sakit kepala. Siapa sangka, ternyata ia menemukan adanya coretan biru dalam kemasan obat yang disertai keterangan bahwa obat tersebut sudah kadaluarsa sejak April 2019 lalu. Ia pun segera datang kembali ke Puskesmas untuk menanyakan perihal masalah ini.

baca juga


Tindakan atas Kelalaian Petugas Puskesmas

Ibu Hamil Konsumsi Obat Kedaluwarsa Dari Puskesmas, Apa Bahayanya?
source: https://www.kompas.com/

Atas kelalaian yang sudah dilakukan, pihak Puskesmas mengaku akan mengevaluasi dan memperbaiki sistem kerja yang sekiranya menjadi penyebab kesalahan fatal ini. Mereka pun bertanggung jawab untuk memberikan pendampingan pada Novi dalam menjalankan pemeriksaan lanjutan. Novi pun dirujuk ke Rumah Sakit untuk melaksanakan USG dan perawatan lanjutan. Meskipun begitu, Novi tetap melanjutkan proses pelaporan kasus ini ke pihak yang berwajib.


Bahaya Mengonsumsi Obat Kadaluarsa

Ibu Hamil Konsumsi Obat Kedaluwarsa Dari Puskesmas, Apa Bahayanya?
source: https://www.migrainedisorders.org/

Menurut Dr. Rohr, seorang dokter dari New York University Langone Joan H. Tisch Pusat Kesehatan Wanita, sebenarnya tidak terlalu banyak penelitian yang membuktikan bahaya dari obat kadaluarsa seperti halnya makanan busuk. Namun, obat-obat yang kadaluarsa berpotensi kehilangan manfaatnya setelah tanggal kedaluwarsa. Namun, itu pun masih tidak jelas berapa banyak manfaatnya yang hilang selama periode waktu tertentu setelah melewati tanggal kedaluwarsa.

baca juga


Dampak Konsumsi Obat Kadaluarsa Pada Ibu Hamil

Ibu Hamil Konsumsi Obat Kedaluwarsa Dari Puskesmas, Apa Bahayanya?
source: https://americanpregnancy.org/

Meskipun begitu, asupan obat kadaluarsa tetaplah berisiko. Apalagi jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Jangankan obat kadaluarsa, obat-obatan yang dijual bebas pun perlu diwaspadai asupannya. Pasalnya, ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Risiko seperti keguguran hingga bayi lahir cacat perlu membuat semua ibu harus benar-benar cermat saat akan mengonsumsi obat selama masa kehamilan.