Amankah daun kelor untuk ibu hamil?
Daun kelor dengan nama latin Moringa Oleifera terdiri atas beberapa bagian, mulai dari akar, kulit kayu, bunga, hingga daun. Beberapa bagiannya seperti akar, bunga, dan kulit kayu diketahui tidak aman untuk dikonsumsi baik saat kehamilan maupun ketika menyusui. 

Amankah Daun Kelor Untuk Ibu Hamil? Ketahui Aturan Konsumsinya Yuk!
source: https://aceh.tribunnews.com/amp/2018/05/12/buat-ibu-hamil-dan-menyusui-daun-kelor-memiliki-jutaan-manfaat

Hal ini karena kandungannya bisa membuat rahim berkontraksi. Ini bisa membuat ibu hamil mengalami keguguran, khususnya bila kehamilan masih berada dalam trimester I. Untuk yang bisa Moms konsumsi pada saat hamil adalah bagian daunnya. Namun sebelum mengonsumsinya, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan.

Manfaat daun kelor bagi ibu hamil
1. Menyediakan banyak zat besi
Daun kelor mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan bagi ibu hamil yang terkena anemia. 

2. Bagus untuk penglihatan ibu dan bayi
Daun kelor tinggi akan vitamin A, bahkan 3 kali lebih tinggi dari wortel. Hal ini tentu sangat berguna bagi penglihatan ibu dan bayi.

3. Mengatasi insomnia
Sebagian ibu hamil mungkin mengalami gangguan seperti insomia, nah dengan mengkonsumsi daun kelor juga akan membantu ibu hamil tertidur lelap dan tidak mengalami gangguan susah tidur lagi.

Amankah Daun Kelor Untuk Ibu Hamil? Ketahui Aturan Konsumsinya Yuk!
source: https://m.liputan6.com/health/read/2655976/3-penyebab-ibu-hamil-kerap-derita-insomnia

4. Menurunkan tekanan darah
Kandungan untuk menurunkan tekanan darah di dalam daun kelor sangat berguna bagi ibu hamil yang mengalami hipertensi agar kehamilannya tetap terjaga.

5. Menjaga level gula darah
Selain itu daun mungil ini juga bermanfaat untuk menyeimbangkan dan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh ibu hamil yang pastinya akan berpengaruh baik terhadap kesehatan calon bayi.

6. Menambah kalsium
Kalsium tentunya sangat diperlukan oleh ibu hamil. Selain vitamin dan mineral yang ada di atas, daun kelor sendiri juga kaya akan kalsium yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Moms dan janin. Bahkan menurut riset, daun kelor ini mengandung kalsium 4 kali lebih banyak dari kandungan kalsium dalam susu dan yoghurt. Tingkat kalsium yang ada di dalam daun kelor akan membantu tumbuh kembang janin dengan baik.

baca juga

Risiko makan daun kelor saat hamil
Di balik berjuta manfaat yang didapatkan dari daun kelor, tetap saja daun kelor memiliki efek samping bagi ibu hamil jika dikonsumsi tidak sesuai aturan. 

Amankah Daun Kelor Untuk Ibu Hamil? Ketahui Aturan Konsumsinya Yuk!
source: https://id.theasianparent.com/daun-kelor-untuk-ibu-menyusui/amp

Seperti telah disebutkan di atas, kandungan zat kimia yang terdapat di dalam akar, bunga, dan batang daun kelor bisa menyebabkan ibu hamil keguguran. Maka dari itu sebaiknya berhati-hati ya Moms dalam mengkonsumsi daun kelor saat hamil.

Aturan mengkonsumsi daun kelor bagi ibu hamil
Bagi ibu hamil disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi daun kelor, hal ini karena belum ada penelitian pasti manfaat dan efek samping daun kelor bagi ibu hamil.

Amankah Daun Kelor Untuk Ibu Hamil? Ketahui Aturan Konsumsinya Yuk!
source: https://www.hipwee.com/tips/5-ide-mengolah-daun-kelor-jadi-santapan-lezat-di-meja-makan-jarang-ada-tapi-kaya-gizinya/

Nah, cara mengolahnya untuk dapat dikonsumsi tidak berlebihan selama masa kehamilan, Moms bisa simak penjelasannya di bawah ini.

baca juga

Cara mengolah daun kelor untuk ibu hamil
Moms bisa mendapatkan manfaat daun kelor untuk ibu hamil dengan membeli pil ekstrak daun kelor. Namun lebih aman jika bisa mengolahnya sendiri. Selain mudah juga tidak akan menguras kantong Moms bukan? Berikut ini caranya:

Amankah Daun Kelor Untuk Ibu Hamil? Ketahui Aturan Konsumsinya Yuk!
source: https://www.manfaatonline.com/manfaat-daun-kelor-untuk-ibu-hamil/
  • Dimasak menjadi sup daun kelor atau sayur bening kelor dengan ditambah jagung. 
  • Dibuat bubuk daun kelor. Caranya:

- Cuci daun kelor lalu jemur hingga kering
- Tumbuk hingga halus
- Saring bubuk daun kelor
- Bubuk daun kelor bisa langsung digunakan untuk campuran makanan atau minuman Moms

  • Meminum rebusan sari daun kelor. Caranya:

- Cuci daun kelor lalu rebus daun kelor
- Saring rebusan daun kelor
- Minum rebusan daun kelor tanpa mencampurinya dengan apapun agar khasiatnya tidak hilang

Nah Moms, berikut tadi seputar daun kelor yang aman dikonsumsi ibu hamil. Semoga bermanfaat ya!