Latih Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak dengan 10 Pekerjaan Rumah Ini

Menyiram Tanaman
Ingin memberi kegiatan rutin yang bisa dilakukan si kecil? Menyiram tanaman bisa jadi jawabannya nih, moms! Arahkan si kecil untuk menyiram beberapa tanaman yang ada di lingkungan rumah setiap pagi atau sore hari. Serunya bermain air membuatnya tak merasa bahwa ini adalah salah satu jenis pekerjaan rumah.

Melipat Pakaian
Melipat pakaian adalah pekerjaan rumah yang mempunyai tingkat kesulitan tak seberapa. Moms bisa mengajari si kecil untuk melipat pakaian yang mudah, seperti melipat celana yang membutuhkan hanya dua kali lipatan.

Mencuci Piring
Pekerjaan rumah yang satu ini umumnya disenangi anak-anak. Pasalnya, si kecil pasti senang sekali bermain dengan busa yang dihasilkan dari sabun pencuci piring. Tapi jangan lupa beri contoh bagaimana cara mencuci dan membilas piring ya, moms. Pastikan juga tak ada benda-benda tajam di sekitar si kecil.

Latih Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak dengan 10 Pekerjaan Rumah Ini

Membereskan Mainan
Kalau biasanya moms yang membereskan mainan si kecil, mulai sekarang yuk melatihnya membereskan mainan sendiri! Agar lebih mudah, pilahlah jenis mainannya dengan memberi label pada setiap kotak mainan. Hal ini akan memudahkan si kecil mengetahui kemana mengembalikan mainannya.

Unboxing Belanjaan dan Meletakkan di Tempat yang Seharusnya
Sepulang dari berbelanja, moms tak perlu terburu-buru membereskan langsung isi tas belanjaan. Biarkan saja tergeletak di lantai agar si kecil mudah meraihnya. Bila si kecil sudah membuka tas belanjaan, coba stimulus otaknya dengan menanyakan dimana seharusnya letak barang-barang belanjaan tersebut disimpan.
 
Mencuci Mainan
Selain membereskan mainan, moms juga bisa mengajak si kecil untuk mencuci mainan loh! Tak hanya menunjukkan cara membersihkan mainan, tapi jelaskan juga betapa pentingnya membersihkan mainan.

Memberi Makan Hewan Peliharaan
Memelihara hewan peliharaan terbukti bisa menumbuhkan empati dan kasih sayang ya, moms. Disela-sela si kecil bermain dengan hewan peliharaannya, moms bisa mencontohkan cara memberi makan pada hewan peliharaan. Lalu, coba mintalah si kecil untuk menirukannya.

baca juga
Latih Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak dengan 10 Pekerjaan Rumah Ini

Membereskan Meja Belajar
Meja belajar yang tak rapi akan membuat si kecil kurang semangat belajar. Ajak anak untuk merapikan meja belajar bersama-sama. Moms bisa menyiapkan rak buku dan kotak alat tulis agar si kecil bisa menyimpan barang-barangnya.

Menyapu Lantai
Pada tahap awal, ajari si kecil menyapu lantai kamarnya. Walaupun mungkin hasil pertamanya kurang bersih, contohkan cara menyapu sisanya dengan benar. Perlahan, ajak anak untuk ikut membantu moms menyapu area rumah.

Mengelap Meja dan Kaca
Tugas ini cocok untuk anak berumur 5 tahun. Di usia ini, si kecil takkan merasa disuruh-suruh, malah akan semangat karena dianggap mampu. Minta anak mengelap meja dan kaca yang bisa dijangkau. Pastikan juga pinggiran kacanya aman untuk si kecil.

Mengenalkan berbagai macam pekerjaan rumah akan mengajarkan lifetime skill pada anak. Namun, jangan lupa untuk melatih si kecil secara bertahap sesuai kemampuannya ya, moms!