Salah satu camilan yang populer dan banyak disukai orang adalah kuaci. Kuaci terbuat dari biji-bijian, umumnya biji yang digunakan untuk membuat kuaci adalah biji semangka atau bunga matahari. Tak hanya enak untuk dijadikan camilan, di dalam kuaci juga terkandung beragam nutrisi seperti vitamin B kompleks. vitamin B6, vitamin E, serat, folat, lemak tak jenuh serta magnesium yang tentunya memiliki manfaat untuk tubuh dan kesehatan.

Hobi Makan Kuaci Saat Hamil? Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya

Manfaat Kuaci Untuk Kesehatan

Dengan mengonsumsi kuaci moms akan memperoleh beberapa manfaat kesehatan seperti mencegah kanker, mengatur tekanan gula darah, dan mengurangi kolesterol. Zat antioksidan serta selenium yang terdapat dalam kuaci adalah nutrisi yang berperan sebagai anti kanker. Sedangkan magnesium adalah zat yang bertanggung jawab untuk mengatur tekanan gula darah serta sirkulasi darah dalam tubuh. Dan lemak tak jenuh serta niacin dalam kuaci lah yang akan membantu tubuh untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.  

Manfaat Kuaci Untuk Kesehatan
baca juga

Manfaat Kuaci Untuk Ibu Hamil

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, kuaci juga memiliki manfaat khusus jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Kuaci kaya akan serat bisa membantu melancarkan pencernaan ibu hamil yang rentan mengalami konstipasi. Vitamin E dalam kuaci juga dapat mempertahankan kesehatan kulit ibu hamil yang rentan kering atau berjerawat selama masa kehamilan. Selain itu niacin dalam kuaci bisa mencegah ibu hamil dari stres dan depresi karena perubahan hormon, dan yang terakhir folat di dalam kuaci sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin yang ibu kandung.

Manfaat Kuaci Untuk Ibu Hamil

Efek Samping Makan Kuaci Saat Hamil

Meskipun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, konsumsi kuaci yang dilakukan oleh ibu hamil juga memiliki aturan. Ibu hamil yang berlebihan dalam mengonsumsi kuaci memiliki peningkatan risiko terkena penyakit ginjal dan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan dalam proses pengolahan kuaci umumnya ditambah dengan banyak garam. Makan kuaci secara berlebihan selama hamil juga dapat menimbulkan reaksi alergi bagi beberapa ibu, menyebabkan diare, serta memicu bertambahnya rambut rontok dan jerawat. 

Efek Samping Makan Kuaci Saat Hamil
baca juga

Aturan Makan Kuaci Untuk Ibu Hamil

Kuaci memang enak dijadikan cemilan, apalagi bagi ibu hamil yang ingin menghindari rasa mual.
Tapi sebaiknya ibu hamil yang ingin mengonsumsi kuaci memilih kuaci yang dalam proses pengolahannya menggunakan bahan alami serta tidak menambahkan terlalu banyak garam dan pengawet. Jangan terlalu asyik dalam ngemil kuaci sehingga melupakan asupan lain. Sebaiknya konsumsi juga camilan lain seperti buah dan kacang-kacangan agar nutrisi ibu hamil tetap seimbang dan terpenuhi.

Aturan Makan Kuaci Untuk Ibu Hamil