Makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam freezer

1. Semangka
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Agrikultur Amerika Serikat memberikan anjuran untuk tidak menyimpan buah semangka di dalam kulkas ataupun freezer, karena suhu yang dingin akan mengurangi kandungan gizi pada semangka.

Ketika dingin, semangka akan mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi lain yang lebih sedikit dibandingkan dengan semangka yang disimpan pada suhu ruangan. Pasalnya, suhu ruangan membuat semangka akan terus memproduksi vitamin dan nutrisi lainnya setelah dipetik. Dan ketika disimpan di dalam kulkas ataupun freezer, maka produksi vitamin dan nutrisi lain pada semangka akan berjalan lebih lambat.

Daftar 9 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Freezer
source: https://m.hindustantimes.com/fitness/weight-loss-trick-for-summer-go-on-a-watermelon-detox-diet-for-5-days/story-ZSWAgx7hOueBYrh7hpqPeI.html

2. Mentimun
Mentimun juga salah satu jenis makanan yang akan rusak dan mudah busuk jika dimasukkan ke dalam freezer. Mentimun yang disimpan di freezer akan lebih mudah berair saat dikeluarkan dari lemari es. 

3. Bubuk kopi
Sebaiknya tidak menyimpan jenis makanan bubuk seperti bubuk kopi ke dalam freezer ya, Moms. Karena hal ini mengakibatkan aroma dari kopi itu sendiri akan hilang. Bukan hanya itu, memasukkan bubuk kopi ke dalam freezer juga akan mengakibatkan bubuk kopi menjadi menggumpal.

Daftar 9 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Freezer
source: https://majalah.ottencoffee.co.id/tips-menyimpan-bubuk-kopi-speciality-di-rumah/

4. Keju
Keju merupakan makanan olahan dari susu sapi. Oleh karena itu, memiliki protein tinggi sehingga mudah berjamur di udara lembap. Jadi menyimpan keju yang benar adalah ditutup rapat dan masukkan ke dalam lemari es bagian bawah. Jangan sekali-sekali menyimpan keju jenis apapun di dalam freezer. Karena keju akan membeku, tekstur dan aromanya menjadi rusak.

baca juga

5. Pasta yang sudah dimasak
Pasta yang sudah dimasak, seperti spaghetti dan pizza termasuk makanan kombinasi yang sudah diolah dan ditaburi berbagai bahan dan bumbu. Makanan seperti ini harus langsung habis ketika matang. Jika makanan jenis ini bisa dimaaukkan dalam freezer justru akan membuat cepat basi dan membuat freezer Moms beraroma tak sedap jika dibekukan. 

Daftar 9 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Freezer
source: http://blog1.alfamartku.com/index.php/2017/03/16/ikuti-tips-memasak-pasta-berikut-agar-pasta-matang-sempurna/

6. Telur
Layaknya benda cair lainnya, telur yang terdiri dari putih dan kuning telur bertekstur kental akan mengembang bila disimpan di tempat bersuhu rendah. Inilah yang menyebabkan bentuk telur yang lebih besar jika disimpan di lemari es.

Namun, jangan menyimpan telur di dalam freezer ya, Moms. Karena saat telur telah mencapai titik beku, cangkang telur yang rapuh lebih rentan mengalami retak. Akibatnya, telur lebih mudah terkontaminasi kotoran dan kuman sehingga kualitasnya bisa menurun.

7. Susu dan yogurt
Menikmati susu ataupun yogurt dalam keadaan dingin di cuaca panas seperti saat ini memang sangat menyegarkan ya, Moms. Namun ternyata menyimpan susu dan yogurt dalam lemari es terutama freezer justru bisa merusak kualitas dan rasanya. Meski tak berpengaruh langsung kepada kandungannya, tekstur asli susu akan rusak dan terpisah menjadi lapisan air dan dengan lemak susunya.

Daftar 9 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Freezer
source: https://www.sepalika.com/gerd/yogurt-vs-milk-treat-acid-relux/amp/

8. Soda
Semakin dingin minuman, maka akan terasa semakin menyegarkan di tenggorokan. Hal inilah yang membuat banyak orang sering menyimpan minuman favoritnya di lemari es, tak terkecuali minuman kaleng. 

Namun ternyata minuman kaleng yang disimpan di dalam freezer bisa membahayakan. Sebab air dapat mengembang dan menekan kaleng saat dibekukan. Semakin dingin suhunya, maka air akan semakin mengembang dan bisa menyebabkan kaleng meledak. Hal ini juga berlaku untuk minuman yang ditempatkan di wadah yang tak lentur seperti botol kaca.

baca juga

9. Saos tomat
Satu lagi jenis makanan yang tidak bileh disimpan dalam freezer adalah saos tomat. Hal ini karena nantinya saos akan mengendap dan jadi susah dikeluarkan dan setelah dikeluarkan akan bertekstur seperti jelly. Bukan hanya itu, saos tomat mengandung bahan pengawet alami. Jadi Moms tak perlu memasukkannya ke dalam freezer untuk mengawetkannya.

Daftar 9 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Freezer
source: https://www.masterclass.com/articles/how-to-make-homemade-sauce-tomat-classic-tomato-sauce-recipe

Berikut tadi daftar makanan yang tak boleh Moms masukkan ke dalam freezer yang nantinya akan menjadi rusak. Semoga bermanfaat ya Moms!