Angin Kencang

Angin kencang dapat membuat mata yang awalnya baik-baik saja menjadi terasa kering. Sebaiknya Moms menghindari lingkungan dengan angin yang terlalu kencang, baik di dalam ruangan ber-AC, ruangan dengan kipas angin, atau jalanan. Moms bisa menggunakan kacamata saat pergi keluar rumah guna melindungi mata. Moms juga bisa memakai humidifier untuk membantu menjaga kelembapan udara di dalam rumah.

Angin Kencang
source: https://tirto.id/

Merokok

Merokok ternyata tidak hanya merusak paru-paru, tapi juga dapat menyebabkan mata kering. Hal ini disebabkan karena asap rokok akan mengiritasi mata sehingga merusak lapisan minyak pelindung mata. Efek jangka panjang bagi mata yang disebabkan oleh asap rokok adalah serangan penyakit katarak, degenerasi makula, hingga kebutaan. Meski Moms bukan perokok, namun jika Moms berada di sekitar perokok aktif, hal itu akan membuat mata Moms kering, terasa gatal dan perih.

Merokok
source: https://www.alodokter.com/
baca juga

Suhu Lingkungan

Suhu lingkungan di sekitar Moms juga bisa menjadi penyebab mata kering lho, Moms. Suhu lingkungan yang terlalu panas dan kering dapat memicu menguapnya simpanan air di dalam mata. Sedangkan suhu yang terlalu dingin bisa membuat mata semakin mengering karena akan menebalkan lapisan meibom. Apa itu lapisan meibom? Lapisan meibom adalah lapisan mata yang bertugas untuk mengurangi penguapan air mata, atau dalam kata lain lapisan ini akan menjaga mata tetap terlumasi.

Suhu Lingkungan
source: https://www.tribunnews.com/

Terlalu Lama di Depan Komputer

Terlalu lama di depan komputer juga bisa menyebabkan mata kering, Moms. Mengapa bisa begitu? Karena seseorang biasanya jarang berkedip saat sedang berhadapan dengan komputer. Padahal berkedip dapat melancarkan aliran air pada mata. Selain itu, pancaran cahaya dari monitor komputer lama-lama bisa memengaruhi kemampuan penglihatan dan menyebabkan mata kering serta lelah. Hal ini bisa diatasi dengan mengistirahatkan mata setiap 15-20 menit sekali, serta selalu sediakan obat tetes mata kering.

Terlalu Lama di Depan Komputer
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Tanda-tanda Mata Kering

Untuk mengatasi mata kering lebih dini, Moms harus tahu nih apa saja tanda-tanda mata kering yang wajib Moms waspadai. Berikut ini daftarnya:

  • Mata terasa nyeri dan cukup menyiksa
  • Tidak tahan dengan cahaya yang terang
  • Pandangan buram atau jadi dobel
  • Sulit melepas lensa kontak
  • Sering menggunakan tetes obat mata
  • Merasa tidak nyaman dan depresi
  • Menangis tapi tidak ada air matanya

Moms, itu tadi penyebab dan tanda-tanda mata kering yang Moms harus ketahui. Jika Moms sudah merasakan tanda-tanda tadi, sebaiknya Moms segera memeriksakan mata ke dokter mata. Jangan sampai terlambat ya, Moms, sebelum fatal. Semoga informasi ini bermanfaat.