Pentingnya Melatih Kepekaan Anak

Kepekaan, sensitivitas, dan kepedulian merupakan bagian penting dari pembentukan karakter anak. Itulah sebabnya, semua sekolah perlu untuk mengembangkan tema ko-kurikulum yang berhubungan dengan urusan moral, khususnya tentang persoalan yang dihadapi anak-anak setiap hari. Hal ini penting untuk mengarahkan mereka dalam diskusi tentang studi kasus untuk kondisi-kondisi tertentu. 

Tips Melatih Anak Untuk Berpikir Lebih Sensitif dan Peduli Pada Lingkungan
source: https://www.understood.org/


Kepekaan Anak pada Teman 

Kepekaan anak pada teman dapat terlihat dari bagaimana seorang anak dapat dengan cepat dan tanggap membantu temannya yang menggunakan kruk atau tongkat untuk menaiki tangga. Namun, ini mungkin masih belum sulit dilakukan jika dibandingkan dengan membantu teman sekelas yang sedang kesulitan dengan masalah bullying. Pasalnya, diperlukan tekad yang kuat, prinsip yang tegas, dan keberanian untuk melalui hal-hal seperti ini. 

Tips Melatih Anak Untuk Berpikir Lebih Sensitif dan Peduli Pada Lingkungan
source: https://www.familyeducation.com/
baca juga


Memahami Konsep Diri

Untuk bisa menjadi individu yang peka dan sensitif pada orang lain dan lingkungan. Seorang anak harus memahami betul konsep dasar pada dirinya. Ia harus tahu bahwa sebagai seorang individu, ia akan mengalami kesulitan dan butuh pertolongan. Itulah sebabnya ia juga harus membantu orang lain saat mereka membutuhkan. Contoh lain adalah saat ia tahu bahwa lingkungan yang kotor itu tidak nyaman untuk dirinya, maka ia akan berusaha untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Tips Melatih Anak Untuk Berpikir Lebih Sensitif dan Peduli Pada Lingkungan
source: https://www.stocksy.com/

Meskipun begitu, pahami juga bahwa, sebagai orangtua, kita tidak bisa berharap bahwa anak-anak akan selalu mengikuti aturan moral yang diberikan kepada mereka. Pasalnya, aturan moral itu hanya bekerja sebagai alat untuk bertindak sesuai dengan apa yang mereka tahu benar. Sedangkan sensitivitas dan kepekaan bekerja lebih dari sekedar pemaknaan apa yang benar dan salah. Hal ini erat kaitannya dengan empati dalam menjalani hubungan sosial dan lingkungan.

Tips Melatih Anak Untuk Berpikir Lebih Sensitif dan Peduli Pada Lingkungan
source: https://www.familylifecanada.com/

Untuk bisa melatih anak dengan kepekaan dan sensitivtas tinggi, orangtua harus memeriksa dan mengevaluasi perilaku mereka sendiri. Apakah itu semua sudah sesuai dengan aturan moral yang yang disampaikan pada anak-anak. Pasalnya, inilah yang akan memberikan pengaruh langsung pada pembentukan karakter dan perilaku anak dalam berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan.