Kaya akan Antioksidan

Mungkin salah satu hal paling penting dari manggis yang harus diperhatikan adalah profil antioksidannya yang unik. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralisir efek merusak dari molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas. Buah manggis sendiri mengandung beberapa nutrisi dengan kapasitas antioksidan, seperti vitamin C dan asam folat. Tidak hanya itu, manggis juga memiliki xanthones, yaitu sejenis senyawa unik tanaman yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat. Dalam beberapa penelitian, aktivitas antioksidan xanthones menghasilkan efek antiinflamasi, antikanker, anti penuaan, dan antidiabetik.

Fakta Nutrisi Buah Manggis, Anti Kanker dan Baik Untuk Kesehatan Kulit
source: https://www.carrefouruae.com/


Memiliki Efek Anti Kanker

Studi populasi menunjukkan bahwa diet yang kaya akan sayuran dan buah-buahan seperti manggis dapat mendorong berkurangnya risiko kanker. Senyawa tanaman spesifik pada buah manggis. seperti xanthones, memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. Beberapa penelitian tabung reaksi mengungkapkan bahwa xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di payudara, perut, dan jaringan paru-paru.

Fakta Nutrisi Buah Manggis, Anti Kanker dan Baik Untuk Kesehatan Kulit
source: https://www.organicfacts.net/
baca juga


Mengendalikan Kadar Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa xanthone pada manggis dapat membantu seseorang menjaga kadar gula darah yang stabil dan sehat. Sebuah studi baru-baru ini pada wanita gemuk menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis tambahan setiap hari memiliki pengurangan signifikan dalam resistensi insulin.

Fakta Nutrisi Buah Manggis, Anti Kanker dan Baik Untuk Kesehatan Kulit
source: https://bluechai.com/


Menjaga Kesehatan Kulit

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari merupakan kontributor utama penyakit kanker kulit dan tanda-tanda penuaan dini. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang diobati dengan ekstrak manggis tambahan mengamati adanya efek perlindungan terhadap radiasi ultraviolet-B (UVB) di kulit. Tidak hanya itu, penelitian kecil yang dilakukan selama 3 bulan pada manusia menemukan bahwa orang yang mengonsumsi degan 100 mg ekstrak manggis setiap hari mendapatkan kulit yang lebih halus dan elastis. Para peneliti menegaskan bahwa antioksidan dan kemampuan antiinflamasi manggis adalah penyebab utama untuk efek perlindungan kulit ini.

Fakta Nutrisi Buah Manggis, Anti Kanker dan Baik Untuk Kesehatan Kulit
source: https://draxe.com/
baca juga


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Serat dan vitamin C yang terkandung di dalam buah manggis memiliki peran penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Dalam hal ini, serat bekerja mendukung tumbuhnya bakteri usus sehat, yang merupakan salah satu komponen penting imunitas tubuh. Di sisi lain, vitamin C juga dibutuhkan untuk fungsi berbagai sel imun dan memiliki sifat antioksidan.

Fakta Nutrisi Buah Manggis, Anti Kanker dan Baik Untuk Kesehatan Kulit
source: https://healthiersteps.com/


Itulah beberapa manfaat utama dari buah manggis yang bisa dirasakan dengan mengonsumsinya secara rutin. Selain yang disebutkan di atas, buah manggis sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan lain dengan profil gizi dan kandungan antioksidannya yang unik.