1. Menggosok ke Arah Bawah

1. Menggosok ke Arah Bawah

Selain harus memilah produk skincare yang akan digunakan, pengaplikasian skincare terutama yang berbentuk krim maupun serum juga tak luput dari perhatian. Banyak yang tidak menyadari saat mengaplikasikan krim atau serum dengan arah yang tidak teratur bahkan menggosoknya ke arah bawah. Padahal, hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena dapat membuat kulit kendur dan turun. Usahakan untuk mengaplikasikan krim atau serum ke arah atas, sehingga kulit lebih terangkat dan lebih sehat.

2. Mencuci Wajah dengan Air Hangat

2. Mencuci Wajah dengan Air Hangat

Air hangat memang sangat baik untuk membuka pori-pori kulit, merelaksasi kulit dan mengurangi rasa lelah. Eits, tapi itu hanya berlaku pada kulit tubuh lho, Moms! Mencuci wajah dengan air hangat sangat tidak disarankan karena dapat membuat kulit menjadi lebih kendur dan terlihat tua. Karena dapat membuka pori-pori kulit, sebaiknya sangat dihindari bagi Moms yang memiliki pori-pori besar. Jika sudah terlanjur, usahakan untuk selalu membasuh kembali dengan air dingin atau mengompresnya dengan es.

baca juga

3. Eksfoliasi Terlalu Keras

3. Eksfoliasi Terlalu Keras

Rutin membersihkan sel-sel kulit mati dengan cara eksfoliasi pada wajah akan sangat berpengaruh terhadap tampilan dan kesehatan kulit. Bukan hanya lebih lembut, eksfoliasi juga membuat kulit lebih cerah karena sel-sel kulit baru yang tumbuh memberikan rona segar pada kulit. Meskipun tujuannya untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, cara pengaplikasian produk eksfoliasi juga harus dilakukan dengan lembut sehingga tidak akan merusak lapisan kulit dan membuat kulit menjadi kering. Perlu diingat, eksfoliasi cukup dilakukan maksimal 2x seminggu dan diaplikasikan dengan lembut ya, Moms!

4. Menggunakan Clay Mask Terlalu Tebal

4. Menggunakan Clay Mask Terlalu Tebal

Menggunakan masker wajah adalah salah satu perawatan wajah yang mudah untuk dilakukan. Masker wajah akan membuat wajah lebih ternutrisi, cerah dan bisa juga membersihkan pori-pori jika masker yang digunakan mengandung clay. Tenyata, menggunakan clay mask hanya dianjurkan satu minggu sekali lho, Moms.

Menggunakan clay mask yang terlalu sering atau bahkan sampai setiap hari hanya akan membuat kulit kering dan menghilangkan minyak alami pada kulit. Hal ini justru akan sangat memperburuk tampilan kulit. Kulit yang kering akan memicu garis-garis halus bahkan keriput sehingga membuat wajah tidak elastis dan terlihat lebih tua. Jangan pernah mencobanya ya, Moms!