Moms saat jelang persalinan seringkali banyak masukan yang datang. Beberapa orang terdekat sudah mulai peduli dan memberi berbagai macam tips agar proses melahirkan per vaginam berjalan secara lancar. Kadang moms sulit membedakan informasi yang ilmiah dan mitos. Salah satunya adalah tentang minyak kelapa. Minum minyak kelapa jelang persalinan dipercaya dapat mempermudah proses melahirkan. Tekstur licin dari minyak kelapa dikatakan membuat bayi mudah meluncur dan moms tak perlu banyak tenaga untuk mengejang. Kira-kira hal ini mitos atau fakta ya moms?

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

Terbuat dari bahan alami, minyak kelapa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.Tak terkecuali untuk moms yang sedang hamil. Minyak kelapa bisa menjadi salah satu sahabat moms saat hamil, terutama ketika kulit moms yang meregang mulai kering dan timbul stretch Marks. Mengoleskannya secara rutin bisa hilangkan keluhan-keluhan tersebut moms.  Aman dikonsumsi, minyak kelapa dapat mengurangi resiko infeksi Candida albicans dan menyebabkan perubahan positif pada usus. Karena sifat antimikroba, minyak kelapa dapat membantu melindungi terhadap bakteri dan virus.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

Terkait memudahkan persalinan hal tersebut memang benar moms. Tapi bukan karena si kecil menjadi licin saat proses lahir akibat moms mengonsumsi minyak kelapa ya. Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan lemak tinggi pada minyak kelapa membuat moms memiliki tenaga lebih banyak. Maka tak heran jelang persalinan moms disarankan untuk minum minyak kelapa murni. Kekuatan yang moms miliki buat mengejang lebih berenergi.

Manfaat lainnya janin moms dapat terhindar dari cacat lahir atau kelainan genetik. Minyak kelapa murni dapat menyeimbangkan gula darah, mengontrol diabetes dan membantu memerangi mual di pagi hari. Manfaat ini bisa moms rasakan dengan mengonsumsi minyak kelapa dengan cara seimbang. Jadi jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu pada ahli gizi moms sebelum mengonsumsinya ya moms.

baca juga

Dampak Buruk Konsumsi Minyak Kelapa

Selain kaya akan manfaat mengonsumsi minyak kelapa juga memiliki dampak negatif. Terutama jika moms mengonsumsinya secara berlebihan.

  • Dapat menjadi bagian dari diet, dalam mengonsumsi minyak kelapa harus bijak.
  • Takaran berlebihan membuat komplikasi seperti dislipidemia.
  • Mengandung kolesterol tinggi, minyak kelapa harus dihindari bagi moms yang mengalami kenaikan berat badan drastis saat hamil. Atau sering disebut obesitas.
Sementara itu, minyak kelapa juga tidak boleh dikonsumsi mereka yang memiliki alergi serbuk sari pada kelapa. Minyak kelapa mengandung jenis lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Makanan yang mengandung minyak kelapa secara rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat lipoprotein.

Aturan konsumsi Minyak Kelapa

Mengonsumsi minyak kelapa sesuai ketentuan akan membuat moms dan bayi sehat karena kandungannya. Agar terjamin bersih, minyak kelapa buatan sendiri lebih dianjurkan. Terutama jika moms berniat mengonsumsinya secara rutin. Tak sembarangan, mengonsumsi minyak kelapa wajib dikonsultasikan terlebih dahulu. Sementara itu minyak kelapa aman dikonsumsi sebanyak 10 mili. Anda dapat meiminumnya sekitar 3 kali sehari selama maksimal 12 hari.

Aturan konsumsi Minyak Kelapa