Penyebab Ambein Luar

Ambein merupakan suatu keadaan dimana ada benjolan pembuluh vena yang keluar dari anus. Biasanya ambein ini disebut dengan wasir. Pada mulanya keadaan ambein ini terdapat dua tipe. Pertama ambein dalam dimana pembuluh tersebut tidak ke luar dari anus dan yang kedua adalah pembuluh yang keluar dari anus. Keadaan ini tentunya sangat mengganggu apalagi jika digunakan untuk duduk moms. Ambeien jenis ini dapat dilihat dengan mata telanjang, sehingga mudah untuk dikenali. 

Penyebab Ambein Luar

Penyebab terjadinya ambein ini juga amat beragam moms. Ada faktor internal dan faktor eksternal dalam tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya ambeien. Berikut beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui moms.

Terlalu Keras Saat Mengejan

Terjadinya wasir biasanya disebabkan karena kebiasaan mengejan terlalu keras ketika buang air besar. Hal ini seringkali terjadi karena sembelit sehingga sulit untuk mengeluarkan kotoran dalam tubuh. Kotoran atau feses yang keras cenderung susah dikeliarkan sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk mengejan.

Terlalu Keras Saat Mengejan

Padahal kondisi mengejan tersebut jika terlalu kuat dapat meningkatkan aliran pada anus. Maka jika sering mengejan aliran balik akan tertahan dan berkumpul di daerah hemorrhoid yang berakhir membengkak. Jadinya moms bisa terserang ambein jika sering sembelit dan berakhir mengejan.

baca juga

Keadaan Hamil

Penekanan pada panggul bagi orang hamil ternyata juga dapat menjadi penyebab terjadinya ambein moms. Penekanan rahim saat hamil dapat mempengaruhi aliran darah pada pembuluh vena. Akibatnya aliran darah yang akan disalurkan ke jantung terhimpit dan akhirnya membesarkan bagian bawah rahim dan anus. Maka salah satu masalah yang terjadi adalah ambein.

Keadaan Hamil

Mengangkat Barang Berat

Seringkali kita tidak sadar memindahkan atau mengangkat barang-barang berat disekitar kita. Padahal hal tersebut terlalu beresiko untuk kesehatan. Salah satunya adalah ambein. Mengangkat barang yang berat akan meningkatkan tekanan di dalam perut sehingga kondisinya mirip seolah moms sedang mengejan. Efeknya, darah dapat berkumpul di area hemorrhoid sehingga membentuk hemorrhoid eksterna. Jadi mulai sekarang kurangi mengangkat benda atau barang yang berat ya moms!

baca juga

Cara Mengatasi Ambein yang Keluar dari Anus

Ambein luar tentu sangat mengganggu aktifitas kamu moms. Kebanyakan penderita ambein akan mengalami kesusahan ketika duduk. Dan tentunya akan banyak tidur dengan posisi miring agar terhindar dari tersentuhnya bagian anus. Nah moms berikut 2 tips untuk mengatasi ambein yang mengganggu tersebut.

Perubahan Gaya Hidup

Faktor utama terjadinya sembelit yang menjadi salah satu penyebab sembelit adalah kurang baiknya pola hidup yang sudah kamu jalani moms. Sebenarnya ambein luar ini dapat sembuh dengan sendirinya, hanya saja moms harus lebih memperhatikan tips berikut agar ambein tidak semakin memburuk. 

Adapun beberapa perubahan tersebut seperti:

  • menggunakan krim atau salep yang mengandung hidrokortison. Dimana kandungan tersebut dapat mengobati ambein luar.
  • Mengompres bagian anus yang mendekati benjolan ambein dengan air hangat. Tahap ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada anus.
Perubahan Gaya Hidup
  • Jika memungkinkan, berendam dengan air hangat juga mampu untuk mengurangi pembengkakan dan gatal di area anus moms
  • Minum obat pereda nyeri seperti asam mefenamat, ibupropen untuk mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman pada anus
  • Jika semakin memburuk maka segeralah menuju ke dokter dan lakukan operasi jika semakin parah. Semoga bermanfaat moms.