Istri dari Eryck Amaral tersebut mendapat komentar yang tidak pantas di media sosial tentang bentuk tubuhnya ketika aktif menyusui. Aura pun sampai naik pitam menghadapi komentar yang terkesan melecehkan tersebut. 

Dilansir dari Haibunda, konselor ASI dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr.Ameeta Drupadi mengatakan jika ASI-shaming terjadi karena orang-orang tidak paham tentang ilmu menyusui.

Soal Pelecehan yang Dialami Aura Kasih, Begini Komentar Pakar ASI
source: https://www.instagram.com/eryckama_ral

Disinilah peran suami sangat penting untuk melindungi istri dari komentar-komentar buruk. Menurut Ameeta cara terbaik untuk menghadapi ASI-shaming adalah dengan memberi tahu secara baik-baik si pembuat komentar jika proses menyusui itu penting, bukan sebagai bahan candaan atau shaming

Jika hal tersebut sudah dicoba namun komentar buruk masih ada, Ameetha menyarankan untuk mencari pihak ketiga seperti dokter atau klinik laktasi. 

Soal Pelecehan yang Dialami Aura Kasih, Begini Komentar Pakar ASI
"Paling bagus mencari orang ketiga, konsultasi dengan dokter atau ke klinik laktasi. Di sana bisa ajak orang-orang yang berkomentar ini. Biasanya ASI-shaming dilakukan orang terdekat atau keluarga, bisa ajak semuanya ke dokter untuk dijelaskan prosesnya," jelas Ameetha.
source: https://www.instagram.com/eryckama_ral
baca juga

Sebetulnya ASI-shaming bukan hanya tentang ibu yang mendapat komentar negatif soal produksi ASI-nya, akan tetapi juga tentang bentuk payudara yang umumnya sedikit membesar. 

Bagi Ibu menyusui, payudara yang membesar adalah hal yang wajar. Penyebabnya karena di dalam payudara terdapat jaringan ASI yang sudah ada sejak hamil usia 6 minggu. 

Soal Pelecehan yang Dialami Aura Kasih, Begini Komentar Pakar ASI

"Ketika hamil usia 6 minggu, kelenjar ASI mulai membesar. Ada pembesaran jaringan alveoli atau saluran-saluran ASI untuk persiapan menyusui. Di usia 28 dan 30 minggu kehamilan semakin besar," tutur Ameetha.

Dan ketika si kecil sudah lahir maka payudara moms akan membesar lagi lantaran salurannya sudah terisi ASI. Seiring bertambahnya usia bayi maka makin banyak juga kebutuhan ASI, sehingga makin besar pula gudang ASI-nya. 

Soal Pelecehan yang Dialami Aura Kasih, Begini Komentar Pakar ASI
source: https://www.instagram.com/aurakasih

"Ibu menyusui itu pasti payudaranya membesar. Setelah masa menyusui selesai, payudara akan kembali ke bentuk semula," pungkas Ameeta.

Bicara soal moms sebagai pejuang ASI, peran suami memang sangat penting dalam fase ini. Usai kejadian ASI shaming tersebut, Aura memutuskan untuk mengunci akun Instagram-nya. Sang suami pun belum memberikan komentar apapun hingga sekarang.