Tahukah, Moms? Ati dan ampela mengandung cukup protein serta variasi vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, besi, fosfor, dan magnesium. Dan otak sapi mengandung DHA yang tinggi dan asam lemak omega-3 yang berfungsi menjaga kesehatan otak dan menurunkan risiko penyakit jantung. Lalu apakah ibu hamil boleh makan jeroan? Jawabannya boleh, Moms. Namun, jeroan tidak boleh dimakan setiap hari, ya. Sebaiknya Moms makan jeroan tidak lebih dari satu kali per minggu.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jeroan? Cek Bahaya dan Aturan Konsumsinya, Yuk!
source: http://necturajuice.com/

Kandungan Kolesterol

Sebenarnya Moms ada alasan mengapa Moms tidak diperbolehkan mengonsumsi jeroan secara berlebihan saat hamil. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat gizi baik dari jeroan tidak bisa diolah secara maksimal oleh tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Selain itu, dikarenakan jeroan termasuk makanan tinggi lemak, kalori, dan kolesterol. Jika terlalu banyak dikonsumsi, ditakutkan kolesterol akan melonjak dan akan berbahaya untuk kesehatan tubuh serta janin. Lagipula, kadar kolesterol tinggi berisiko membuat ibu hamil terkena serangan jantung dan stroke.

Kandungan Kolesterol
source: https://www.merdeka.com/

Meski dibutuhkan juga untuk asupan gizi saat hamil, namun kelebihan vitamin A dapat menyebabkan keracunan yang membahayakan Moms dan si calon bayi. Jadi batasi porsi makan jeroan sesuai dengan kebutuhan tubuh Mommies, ya.

baca juga

Bahaya Mengonsumsi Jeroan Saat Hamil

Moms, mengonsumsi jeroan saat hamil memang diperbolehkan. Dengan catatan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Karena jika Moms terlalu banyak mengonsumsi jeroan saat hamil, maka akan ada beberapa bahaya yang timbul. Apa saja?

  • Menghambat pertumbuhan janin, terlalu banyak mengonsumsi jeroan sapi dapat menghambat pertumbuhan janin. Karena jeroan sapi mengandung zat-zat yang dapat mengganggu pertumbuhan janin di dalam kandungan.
  • Meningkatkan kadar kolesterol pada ibu hamil, jeroan memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi sepeti usus, otak dan hati. Makanan ini dapat menyebabkan ibu hamil terserang penyakit jantung koroner, hipertensi dan stroke.
  • Mengakibatkan sakit pinggang yang hebat, jeroan sapi dapat menjadi penyebab utama terjadinya sakit pinggang atau encok hingga asam urat di masa kehamilan. Jadi jika Moms mengonsumsinya terlalu banyak, maka akan memperparah encok.
  • Menyebabkan cacat lahir, vitamin A yang terkandung dalam jeroan itu cukup tinggi. Jika dikonsumsi dalam waktu yang sering, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, mual, serta kerusakan hati. Bahkan bisa menyebabkan cacat lahir yang serius pada bayi.
Bahaya Mengonsumsi Jeroan Saat Hamil
source: https://www.klikdokter.com/

Nah Moms, itu tadi sekilas tentang bolehkah ibu hamil mengonsumsi jeroan. Meskipun jeroan enak apalagi bila dimasak dengan santan. Sebaiknya Moms menghindarinya dulu ya selama masa kehamilan. Demi kebaikan Moms dan si kecil dalam perut. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.