1. Muncul Rasa Tidak Nyaman 

Meskipun istilah "beauty is pain" merupakan kata-kata yang cukup familiar bagi para wanita. Tapi, ini tidak berlaku untuk penggunaan skincare. Pasalnya, jika kamu mengalami rasa nyeri bersama dengan tanda-tanda peradangan seperti kemerahan atau menyengat, segera hentikan penggunaan produk. Meskipun ada bahan seperti benzoil peroksida (umumnya ditemukan dalam perawatan jerawat) yang dapat menyebabkan sedikit iritasi, rasa tidak nyaman berupa kemerahan atau sensasi terbakar yang terjadi lebih dari beberapa hari dapat menjadi indikasi bahwa produk tersebut tidak cocok untukmu. 

Kenali Masalah Kulit Wajah, Ini 4 Tanda Skincare-mu Tak Cocok
source: https://www.rd.com/


2. Muncul Tekstur Bola Kecil Saat Menggunakan Produk

Pernahkah kamu merasakan munculnya bola-bola kecil atau gumpalan produk saat mengoleskan sebuah skincare pada kulit? Hal ini tidak selalu berarti bahwa ada sesuatu yang salah dengan kandungan produk perawatan kulitmu. Namun, bisa berarti ada ketidakcocokan antara kulitmu dengan dengan formula atau dengan caramu mengaplikasikannya (pertimbangkan urutan pemakaian produk). Kondisi ini tidak berlaku jika produk memang memiliki tekstur gumpalan untuk eksfoliasi.

Kenali Masalah Kulit Wajah, Ini 4 Tanda Skincare-mu Tak Cocok
source: https://www.adorebeauty.com.au/
baca juga


3. Muncul Benjolan dan Tonjolan

Saat seseorang menggunakan produk skincare baru, terkadang ia akan mengalami proses purging di mana kulit mengalami detoksifikasi untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalam kulit. Kondisi ini juga banyak dikenal sebagai tahapan adaptasi kulit dengan produk baru. Namun, apabila benjolan, tonjolan, atau jerawat muncul dalam jumlah yang tidak sedikit, bahkan muncul juga diarea yang tidak biasa ditumbuhi jerawat, kamu harus waspada. Bisa jadi itu tanda reaksi ketidakcocokan dengan produk skincare barumu.

Kenali Masalah Kulit Wajah, Ini 4 Tanda Skincare-mu Tak Cocok
source: https://www.getthegloss.com/


4. Kulit Menjadi Terlalu Kering atau Terlalu Berminyak

Terlalu Kering: Jika kamu mengalami bercak kering atau kulit yang mengelupas, produk yang kamu gunakan mungkin dibuat kandungan alkohol. Kondisi ini juga bisa menandakan bahwa kamu memiliki alergi terhadap bahan tertentu.

Terlalu Berminyak: Produk-produk pengendali kadar minyak yang terlalu kuat sebenarnya dapat menghilangkan minyak alami kulit. Risikonya, produk seperti ini dapat menghasilkan lebih banyak minyak.

Kenali Masalah Kulit Wajah, Ini 4 Tanda Skincare-mu Tak Cocok
source: https://www.lorealparisusa.com/


Itulah tanda-tanda dasar ketidakcocokan yang harus kamu waspadai saat menggunakan skincare. Pastikan juga bahwa skincare yang kamu gunakan memberikan efek yang baik. Jika tidak, itu juga menandakan bahwa kamu harus mencari skincare pengganti yang bekerja dengan efektif dan maksimal.