1. Perhatikan Media Tanaman

Memilih media untuk menanam tanaman dalam rumah memang bukan hal yang mudah. Kebanyakan orang melakukan sedikit kekeliruan dalam memilih media tanam yang digunakan untuk tanaman dalam ruangan. Media tanam terbaik adalah tanah soil-less yang merupakan kombinasi dari lumut gambut, vermikulit/perlit, dan kompos.

Cara Merawat Tanaman Di Dalam Rumah Agar Tidak Layu, Perhatikan 4 Hal Ini
source: https://balconygardenweb.com/


2. Teknik Pengairan

Kebanyakan orang khawatir jika tanaman kesayangannya kekurangan air. Tidak jarang ini menyebabkan kecenderungan untuk mengairi tanaman dengan air yang berlebihan. Padahal, pahamilah bahwa tanaman sebenarnya tidak membutuhkan terlalu banyak air. Pasalnya, akar mereka akan benar-benar jenuh berada dalam genangan air selama berhari-hari. Selain itu, air berlebihan juga akan mengotori area sekitar tanaman hingga taman dalam ruanganmu tidak terlihat rapi. Jadi, berikan air secukupnya, satu hari sekali hingga permukaan tanah basah, bukan banjir!

Cara Merawat Tanaman Di Dalam Rumah Agar Tidak Layu, Perhatikan 4 Hal Ini
source: http://www.themakerista.com/
baca juga


3. Perhatikan Paparan Cahaya Matahari

Pahamilah bahwa cahaya matahari sama pentingnya dengan air. Semua tanaman membutuhkan cahaya untuk melakukan proses biologis yang diperlukan. Meskipun begitu, penting juga untuk Mommy mencari tahu bagaimana karakteristik dari tanaman yang kamu simpan di dalam rumah. Pasalnya, beberapa tanaman cenderung membutuhkan jauh lebih sedikit cahaya daripada yang lain. 

Cara Merawat Tanaman Di Dalam Rumah Agar Tidak Layu, Perhatikan 4 Hal Ini
source: https://www.thriftysue.com/


4. Pertimbangkan Suhu dan Sirkulasi Udara

Hampir semua tanaman hias membutuhkan suhu minimum 12º C untuk bertahan hidup. Semakin hangat suhunya, maka akan semakin bahagia mereka. Selain itu, aliran udara juga sangat penting untuk memelihara tanaman rumah yang sehat. Kamu bisa menyalakan kipas untuk menjaga sirkulasi udara tetap berputar. Jangan lupa juga untuk menggunakan kain untuk membersihkan daun tanaman hias sesekali, untuk mencegah penumpukan debu yang dapat mempengaruhi kesehatannya.

Cara Merawat Tanaman Di Dalam Rumah Agar Tidak Layu, Perhatikan 4 Hal Ini
source: https://www.cdnparenting.com/


Itulah beberapa aturan dasar untuk menjaga tanaman dalam rumah agar tetap awet dan segar. Jangan lupa untuk mencari lokasi yang memang tepat untuk tanaman tumbuh. Hindari memindah-mindahkan tanaman karena mereka butuh waktu untuk adaptasi dengan lingkungan baru.