Susu kedelai merupakan susu dengan fitonutrien yang lebih tinggi dibandingkan susu hewani. Hal ini disebabkan susu kedelai berasal dari tanaman yang memiliki kandungan zat fitonutrien dan antioksidannya cenderung lebih tinggi dari pangan hewani. Sehingga memberi manfaat lebih bagi tubuh, berupa asupan berbagai zat yang mendukung sistem dan organ tubuh. Nah apa saja manfaat yang dimiliki susu kedelai? Yuk simak penjelasannya berikut ini Moms!

5 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Cegah Osteoporosis Hingga Obesitas

1. Mengurangi Gejala Postmenopause

Postmenopause adalah sebuah fase dalam kehidupan wanita saat siklus haid berhenti (yang menandakan berakhirnya masa reproduksi seorang wanita). Susu kedelai dapat mengurangi masalah kesehatan pada tubuh wanita setelah menopause. Isoflavone pada susu kedelai dapat menjaga kadar estrogen pada wanita menopause.

Isoflavone merupakan komponen yang mengandung bahan estrogenik dan antioksidan, sehingga bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh wanita pada periode ini. Sehingga Moms disarankan untuk mengonsumsi susu kedelai.

2. Menjaga Berat Badan

Bagi Moms yang sedang menjaga berat badan dapat mengonsumsi susu dari protein nabati, susu kedelai karena kandungan lemak jenuhnya yang jauh lebih rendah. Selain itu susu kedelai memiliki lemak tidak jenuh yang lebih tinggi dan rendah kalori sehingga tidak menyebabkan obesitas.

3. Mencegah Osteoporosis

Agar memiliki tulang yang kuat, Moms bisa mengonsumsi susu kedelai. Susu kedelai mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis pada wanita menopause. Osteoporosis merupakan risiko yang banyak dialami wanita pada usia menopause. Kurangnya kalsium dapat meningkatkan terjadinya penyakit tersebut. Susu kedelai dikenal baik untuk kesehatan tulang karena mengandung zat besi dan kalsium yang cukup tinggi.

4. Mencegah Penuaan Dini

Agar menjaga fisik tetap fresh dan sehat, Moms dapat mengonsumsi susu kedelai karena kandungan fitoestrogen di dalamnya dipercaya bisa menutrisi tubuh dengan baik dan mencegah penuaan dini.

Susu kedelai pun memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat menutrisi tubuh dengan baik dan mencegah penuaan dini. Kandungan fitoestrogen ini juga bisa menenangkan dan membuat suasana hati Moms lebih baik, nyaman dan akan mengurangi stres yang mungkin menjadi penyebab penuaan dini.

5. Melancarkan Pencernaan

Protein, lemak, serta karbohidrat yang dimiliki susu kedelai sangat baik untuk kesehatan tubuh. Moms bisa mengonsumsi susu kedelai sebagai obat yang membantu melancarkan pencernaan karena kandungan isoflavone akan meningkatkan absorpsi usus sehingga pencernaan Moms menjadi lebih lancar.