1. Pilih Kacamata dengan 100% Perlindungan Sinar UV

Satu-satunya hal paling penting yang harus dicari saat membeli kacamata hitam adalah memastikan bahwa kacamata tersebut dapat melindungi matamu dengan baik. Pastikan terdapat stiker atau label yang menunjukkan bahwa kacamata tersebut benar-benar memberikan perlindungan pada paparan sinar UV. 

5 Langkah Memilih Kacamata Hitam yang Tepat Untuk Melindungi Mata
source: https://www.health.com/


2. Frame Besar Lebih Baik

Semakin banyak model dan ragam dari dari kacamata hitam. Ini tentu akan membuatmu semakin sulit untuk menentukan mana yang sebenarnya dapat memberikan perlindungan terbaik pada mata dari paparan sinar UV. Namun, cobalah untuk mempertimbangkan membeli kacamata yangberukuran besar. Tidak hanya memberikan tampilan yang lebih trendy, kacamata seperti ni dapat membantu mengurangi paparan sinar UV yang memasuki mata dari samping.

5 Langkah Memilih Kacamata Hitam yang Tepat Untuk Melindungi Mata
source: https://www.eyesiteonwellness.com/
baca juga


3. Gelap Lensa Tidak Berpengaruh

Sebagian besar orang berpikir bahwa kacamata hitam yang memberikan perlindungan terbaik haruslah berwarna gelap. Sayangnya, ini tidak berlaku untuk perlindungan sinar UV itu sendiri. Mungkin lensa yang sangat gelap akan terlihat keren, tetapi itu tidak serta merta membuatnya dapat melindungi mata dari sinar UV lebih baik dibandingkan dengan kacamata hitam yang tidak terlalu gelap.

5 Langkah Memilih Kacamata Hitam yang Tepat Untuk Melindungi Mata
source: https://www.thetravellingtom.com/


4. Lensa Berwarna Tidak Masalah

Meskipun bernama kacamata "hitam", warna dari kacamata hitam tidak harus selalu hitam. Kamu akan menemukan beberapa variasi kacamata hitam dengan warna lensa kuning, hijau atau abu-abu. Warna-warni dari lensa ini sebenarnya ini tidak akan menghalangi lebih banyak sinar matahari tetapi dapat meningkatkan kontras dari penglihatanmu. Kacamata seperti ini biasanya akan berguna untuk atlet yang bermain olahraga seperti baseball atau golf.

5 Langkah Memilih Kacamata Hitam yang Tepat Untuk Melindungi Mata
source: https://www.rnib.org.uk/
baca juga


5. Lensa Terpolarisasi Mengurangi Silau, bukan Paparan UV

Polarisasi pada lensa kacamata hitam dapat mengurangi silau yang keluar dari permukaan reflektif seperti air atau jalan aspal. Meskipun begitu, ini tidak memberikan lebih banyak perlindungan dari sinar matahari yang sesungguhnya. Namun, kacamata seperti ini memang akan sangat berguna untuk digunakan saat mengemudi atau bermain di pantai.

5 Langkah Memilih Kacamata Hitam yang Tepat Untuk Melindungi Mata
source: https://americaneyecare.com/


Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kacamata hitam. Untuk membeli kacamata hitam yang bagus, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Beberapa produk yang lebih murah yang ditandai sebagai perlindungan UV 100% bisa sama efektifnya dengan produk berharga tinggi yang memiliki tingkat perlindungan sama.