Penyebab sariawan
Penyebab pasti munculnya sariawan hingga saat ini belum diketahui. Tetapi sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam lebih berisiko muncul jika Moms sedang stres, terkena infeksi virus atau jamur, alergi terhadap makanan, atau kekurangan vitamin atau mineral. Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi dan luka di mulut juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Aman Untuk Anak, Atasi Sariawan dengan 5 Obat Kumur Alami Ini
source: https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180312154515-255-282369/mengenal-3-jenis-sariawan

Pada beberapa kasus, trauma pada jaringan lunak mulut dapat menyebabkan sariawan. Misalnya saat lidah atau bibir tergigit ketika mengunyah makanan, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau ketika Moms menyikat gigi terlalu keras sehingga melukai gusi.

Obat kumur alami untuk mengatasi sariawan
Kadang sariawan bisa menetap di mulut hingga beberapa minggu dan bahkan meninggalkan bekas luka. Namun biasanya, sariawan akan hilang dan sembuh sendiri dalam waktu 10 hingga 14 hari. Bila Moms tidak tahan menunggu selama dua minggu, obat sariawan alami berikut ini bisa menjadi pilihan:

1. Air baking soda

Aman Untuk Anak, Atasi Sariawan dengan 5 Obat Kumur Alami Ini
source: https://m.detik.com/food/info-sehat/d-3870710/tak-perlu-diolesi-obat-atasi-sariawan-dengan-10-bahan-alami-ini

Siapa sangka bubuk pengembang ini dapat mengatasi sariawan. Caranya Moms cukup mencampur 1 sdt baking soda dengan 1/2 cangkir air hangat. Baking soda juga bisa dijadikan obat oles, caranya larutkan baking soda dengan sedikit air hangat sehingga berbentuk seperti krim, lalu oleskan pada sariawan. Baking soda bisa mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi inflamasi.

baca juga

2. Air garam
Berkumur dengan air garam selama kurang lebih 1-2 menit menit dapat meredakan sariawan tanpa obat. Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan Moms berkembang makin parah. Garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain sebagai obat sariawan alami, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Untuk membuat air larutan garam, cukup tambahkan 1 1/2 sdt garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata dan kumur-kumur air di dalam mulut. Jangan ditelan. Segera buang setelah selesai dan bilas dengan minum air putih. Ulangi berkumur air garam untuk beberapa kali dalam sehari sampai sariawan terlihat mengempis.

Aman Untuk Anak, Atasi Sariawan dengan 5 Obat Kumur Alami Ini
source: https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/manfaat-air-garam-untuk-kesehatan-mulut/amp/

3. Cuka sari apel
Cuka sari apel atau apple cider vinegar (ACV) dapat mengobati luka di mulut termasuk sariawan. Kandungan asam di ACV dapat membunuh bakteri penyebab luka.

Pada beberapa orang, cara ini efektif jika Moms menggunakan cuka sari apel untuk berkumur. Namun, ada juga yang menyarankan cukup dioles saja ke area luka. Untuk obat kumur, Moms bisa mencampur 1 sdt ACV dan 1 gelas air. Berkumurlah sekitar 30 detik sampai 1 menit, dilanjutkan dengan berkumur air bersih.

4. Air rebusan daun sage
Daun sage dipercaya dapat mengobati luka di area mulut. Daun yang sering dijadikan teh ini bersifat antibakteri, anti-inflamasi, antiseptik, dan kandungan astringent. Biasanya, obat kumur yang mengandung daun sage dijual bebas di apotik. Namun, Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Moms cukup merebus daun sage segar selama 5 menit. Saat rebusan sudah dingin, bisa langsung kumur di mulut dan tunggu beberapa menit sebelum dibuang.

Aman Untuk Anak, Atasi Sariawan dengan 5 Obat Kumur Alami Ini
source: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-daun-sage/amp/

5. Obat kumur DGL
DGL atau deglycyrrhizinated licorice adalah ekstrak licorice herbal yang digunakan sebagai anti-inflamasi. Biasanya tersedia dalam bentuk kapsul.

Moms bisa mencampur bubuk kapsul DGL (200 miligram) dengan satu gelas air hangat, lalu berkumur selama 3 menit sebelum membuangnya. Lebih mudah lagi jika menggunakan produk obat kumur yang sudah mengandung DGL.

Berikut tadi cara alami mengatasi sariawan dengan obat kumur. Yang penting dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan mulut ya, Moms!