Meringankan Sakit Gigi

Kunyit mengandung curcumin yang bersifat sebagai antibiotik, antiseptik, dan anti-inflamasi yang bisa meringankan radang gusi dan sakit gigi. Tidak hanya itu, kunyit juga mampu mengurangi ngilu akibat gigi sensitif. Bahkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan bahwa kunyit bisa menjadi obat kumur tradisional untuk mengobati radang gusi.

Meringankan Sakit Gigi
source: https://hellosehat.com/

Mencegah Kanker

Tidak hanya itu kandungan curcumin dalam kunyit juga bersifat anti-kanker yang dihubungkan sebagai salah satu cara pengobatan dan pencegahan kanker mulut. Bahkan partikel nano yang kaya dengan ekstrak kunyit sebenarnya bisa membunuh sel kanker mulut yang terbukti tahan terhadap pengobatan kemoterapi.

Mencegah Kanker
source: https://www.haibunda.com/
baca juga

Memutihkan Gigi

Kandungan curcumin dalam kunyit mampu membersihkan plak dan bakteri serta meringankan peradangan sebanding dengan obat kumur tradisional. Beberapa penelitian juga membandingkan keampuhan kunyit dengan soda kue dan arang aktif untuk memutihkan gigi. Sayangnya, penelitian belum cukup akurat untuk membuktikan bahwa cara memutihkan gigi dengan kunyit itu benar-benar ampuh. 

Memutihkan Gigi
source: https://bebasjerawat.info/

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi dengan kunyit. Bagaimana?

Tambahkan bubuk kunyit saat menggosok gigi
Ini adalah cara yang paling mudah, Moms. Moms hanya perlu menyiapkan bubuk kunyit, sikat gigi baru dan esktrak daun mint. Langkahnya:
  • Tuangkan sedikit bubuk kunyit dan setetes ekstrak daun mint pada sebuah wadah.
  • Basahkan sikat gigi dengan air dan celupkan sikat gigi pada wadah berisi campuran kunyit.
  • Gosok gigi dan biarkan selama 5 menit. Bilas dengan air sampai bersih dan kembali gosok gigi dengan pasta gigi.

Buat pasta gigi kunyit buatan sendiri
Cara kedua adalah dengan membuat pasta gigi sendiri, yaitu dengan mencampur 1/4 sendok teh bubuk kunyit dengan 1/8 sendok teh minyak kelapa cair. Ingat ya, Moms, setelah menggosok gigi dengan pasta gigi ini, jangan lupa untuk berkumur hingga bersih. Kemudian, lanjutkan dengan menggosok gigi dengan pasta gigi biasa.

Pakai bubuk pemutih gigi dari bahan kunyit
Cara ketiga dengan membuat pasta gigi sendiri. Moms bisa langsung membeli bubuk pemutih gigi dari bahan kunyit. Cara penggunaannya sama seperti menambahkan bubuk kunyit pada pasta gigi.

Nah Moms itu manfaat kunyit untuk kesehatan gigi. Ternyata nggak cuma untuk memasak atau campuran jamu, kan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.