Apa Itu Autisme? Autisme adalah salah satu kecacatan neurologis yang mempengaruhi keterampilan sosial, komunikasi, hingga perilaku pada anak. Biasanya autisme disebabkan oleh genetika maupun lingkungan.

Untuk gejala autisme sendiri sebenarnya bisa dideteksi secara dini melalui perilaku dan kebiasaan. Namun, pada beberapa anak gejala autisme tidak muncul sama sekali ya moms. Maka dari itu para ahli menyarankan untuk skrining terkait autisme ini pada saat anak berusia 18-24 bulan.

Tanda Awal Autisme Pada Bayi, Kenali Gejalanya Sejak Dini Moms

Tanda Autisme Pada Bayi

Tanda autisme pada bayi dapat moms lihat dengan perhatikan kontak mata. Bila bayi kurang atau tidak sering melakukan kontak mata dengan sekitar bisa jadi itu tanda dari autisme. Interaksi bermain yang kurang juga bisa jadi tanda anak autisme lho moms. Karena normalnya, bayi yang tertarik dengan permainan seperti cilukba akan merespon mulai dari tertawa atau melakukan berbagai gerakan yang menunjukkan ketertarikan. Namun bila anak tidak menanggapi saat usianya menginjak 6-9 bulan maka perlu diwasapadai.

Kurang memiliki respon juga bisa menjadi tanda anak autis sebab dari hasil penelitian ini diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Otak dan Kognitif di Birkbeck, Universitas London menunjukan jika bayi yang didiagnosis dengan autisme (ASD), memiliki aktivitas otak lebih rendah. Jadi semisal moms coba panggil namanya anak bisa saja tidak menengok saat dipanggil, bahkan setelah diulang beberapa kali.

Selain itu, jika bayi normal lebih suka mengoceh atau bergumam saat diajak bicara di awal perkembangan bahasanya. Sebaliknya, bayi dengan autisme cenderung lebih pendiam karena sulit mengembangkan kemampuan verbalnya. Dan lagi bayi autisme biasanya akan lebih fokus pada hal-hal yang tidak biasa seperti pola lantai atau langit-langit bukan pada mainan layaknya bayi normal.

Tanda Awal Autisme Pada Bayi, Kenali Gejalanya Sejak Dini Moms

Tindakan Orang Tua Pada Tanda Autisme

Mengetahui anak dengan autisme pasti membuat moms khawatir namun itu bukan berarti moms larut dalam kebingungan ya. Bahkan menurut Dr Sarah Lloyd-Fox dari Pusat Perkembangan Otak dan Kognitif Birkbeck, mengetahui diagnosis autisme secara dini jelas memiliki banyak kelebihan. Sebab dengan mengetahui tanda autisme sejak dini moms bisa mendapatkan dukungan terbaik untuk membantu tumbuh kembangnya secara maksimal. Jadi tindakan orang tua pada tanda autisme yang tepat yaitu segera hubungi dokter spesialis anak ataupun psikiater anak untuk diberikan terapi.

Melihat beberapa tanda autis di atas tentu membuat moms makin aware dengan perkembangan anak ya moms. Sebab semakin moms peduli maka autisme bisa ditangani dengan tepat. Semoga bermanfaat.