Australia

Canberra merupakan kota yang ditata dan dirancang oleh arsitek Amerika Walter dan Marion Burley Griffin. Siapa sangka, Canberra merupakan ibukota sebagai bentuk kompromi atas pertikaian one-up Sydney dan Melbourne saat Australia bersatu pada 1901. Memilih lokasi ibukota yang berbeda dengan pusat bisnis dan industri sepertinya membuat pemerintahan dapat berjalan dengan lebih baik.

5 Negara di Dunia yang Sukses Lakukan Pemindahan Ibukota
source: https://lonelyplanetimages.imgix.net/


Myanmar

Yangon sebelumnya merupakan ibukota Myanmar setelah Perang Birma Anglo Ketiga. Kemudian, Myanmar memindahkan ibukota mereka ke Naypyidaw. Daerah ini ditutupi oleh dua hutan dan Pegunungan Yoma. Dari segi keamanan, kota ini berada dalam lokasi yang sangat strategis. Tidak hanya itu, Naypyidaw juga berada di pusat Myanmar dan memiliki rute yang terhubung ke semua bagian di negara itu.

5 Negara di Dunia yang Sukses Lakukan Pemindahan Ibukota
source: https://www.worldnomads.com/
baca juga


Brazil

Pada 1763, Rio de Janeiro dipilih menjadi ibukota baru Brazil. Pemindahan ibukota ini dikatakan untuk mengoptimalkan perkembangan ekonomi di mana sebagian besar kegiatan ekonomi yang relevan dari Amerika Selatan terjadi di area kota ini. Siapa sangka, tujuan ini terbukti tercapai. Brazil kini telah mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dengan PDB per kapita tertinggi dibandingkan dengan kota-kota besar di area Amerika Latin. 

5 Negara di Dunia yang Sukses Lakukan Pemindahan Ibukota
source: https://www.independent.co.uk/


Kazakhstan

Almaty, yang berada di bagian selatan Kazakhstan, adalah ibukota Kazakhtan saat negara itu merdeka dari Uni Soviet pada 1991. Kemudian, pada 1997 para pemimpin pemerintah memindahkan ibukota ke kota Astana di utara karena Almaty tidak memiliki cukup ruang untuk perkembangan kota. Selain itu, risiko gempa bumi yang lebih besar membuat pemerintahan perlu mempertimbangkan kondisinya jika becana terjadi.

5 Negara di Dunia yang Sukses Lakukan Pemindahan Ibukota
source: https://www.adventurous-travels.com/
baca juga


Tanzania

Pada tahun 1970-an, proses pemindahan ibukota Tanzania dari pesisir Dar es Salaam ke Dodoma yang terletak di tengah mulai dilakukan. Pemindahan ibukota ini dilakukan untuk memusatkan pemerintahan dan menciptakan peluang ekonomi baru. Dodoma juga dipilih karena lokasinya yang cukup strategis di jalur utama. Selain itu, ruangnya juga sangat luas untuk pengembangan serta iklimnya yang baik.

5 Negara di Dunia yang Sukses Lakukan Pemindahan Ibukota
source: https://www.shadowsofafrica.com/


Itulah beberapa negara yang melakukan pemindahan ibukota. Semoga proses pemindahan ibukota Indonesia berjalan lancar dan tujuan dari pemindahan ini dapat tercapai dengan baik.